Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X. Evaluasi Semester Genap [buku 2]

1. Sesuatu yang ingin dicapai setelah berlangsungnya proses sosialisasi adalah individu dapat...
a. Beradaptasi dengan lingkungan sekitarnya
b. Berinteraksi secara efektif dengan kelompoknya
c. Berperilaku sesuai dengan nilai, norma, dan budaya yang berlaku dalam kelompoknya
d. Berperilaku wajar dan diterima di dalam kelompoknya
e. Melakukan tindakan yang diakuinya secara benar

2. Seseorang yang tidak pernah bersosialisasi akan sulit...
a. Mengemukakan pendapat di muka umum
b. Beradaptasi dengan masyarakat lingkungan
c. Menerima kelebihan dan kekurangan orang lain
d. Membedakan kenyataan dirinya dengan yang dihadapi masyarakat
e. Menerima perbedaan perilaku dari warga masyarakat

3. Agen sosialisasi pada tahap awal pembentukan kepribadian anak adalah...
a. Tokoh masyarakat
b. Sekolah
c. Media massa
d. Keluarga
e. Kelompok bermain

4. Contoh terjadinya sosialisasi sekunder pada seorang anak adalah...
a. Husin menjadi juara bermain layang-layang setelah diajari oleh Herman
b. Hasan diajarkan cara memegang sendok oleh ibunya
c. Robin berkenalan dengan Rudi yang tinggal di sebelah rumahnya
d. Tuti mengenalkan adiknya gambar-gambar ikan yang ada di buku
e. Ade bersalaman dengan kakek pada waktu berkunjung ke kampung

5. Setelah melihat pertunjukan di layar televisi yang memperlihatkan seorang jagoan dapat terbang, Budi menirukan perbuatan tersebut dan mencoba meloncat dari lantai atas rumahnya. Hal ini menunjukkan bahwa peran media elektronik sangat berpengaruh terhadap...
a. Perkembangan pribadi individu
b. Perkembangan fisik individu
c. Perkembangan pola perilaku individu
d. Perubahan sikap seseorang
e. Perubahan intelektual seseorang

6. Proses belajar seorang anak untuk menjadi anggota yang berpartisipasi di dalam masyarakat merupakan pengertian sosialisasi menurut...
a. David Gaslin
b. Peter L. Berger
c. C. Wright Mill
d. Kingsley Davis
e. Edward T. Hall

7. Pembentukan diri seseorang dipengaruhi oleh penilaian atau anggapan orang lain terhadap perilakunya tersebut...
a. Self concept
b. Significant others
c. Generalized others
d. Looking-glass self
e. Labelling

8. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Keturunan
2) Pengalaman unik
3) Usia
4) Kebudayaan
5) Kondisi fisik
Faktor pembentuk kepribadian adalah nomor...
a. 1, 2, dan 4
b. 1, 2, dan 5
c. 1, 3, dan 5
d. 1, 4, dan 5
e. 2, 3, dan 4

9. Menurut Dreeben, selain membaca, menulis, dan berhitung, hal lain yang dipelajari antara lain...
a. Universalisme dan kemandirian
b. Prestasi dan prinsip hidup
c. Budaya dan kepribadian
d. Nilai dan norma sosial
e. Pandangan hidup dan gagasan

10. Sosialisasi primer dilakukan dalam keluarga karena keluarga mempunyai fungsi afeksi, yaitu...
a. Memenuhi kebutuhan ekonomi
b. Memberi kehangatan dan kasih sayang
c. Memiliki tanggung jawab menjaga nama baik
d. Meneruskan keturunan yang baik
e. Membentuk kepribadian sesuai harapan orang tua

11. Peran keluarga dalam sosialisasi partisipatoris adalah sebagai...
a. Generalized others
b. Significant others
c. Social mobility
d. Social control
e. Primary socialisation
 

12. Keseluruhan perilaku individu yang khas yang berinteraksi dengan serangkaian situasi disebut...
a. Sosialisasi
b. Tingkah laku
c. Interaksi sosial
d. Kepribadian
e. Tindakan sosial

13. Perhatikan pernyataan berikut
1) Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara efektif
2) Membiasakan diri berperilaku sesuai dengan nilai dan norma
3) Menjadi pedoman dalam berinteraksi dengan masyarakat
4) Mengembangkan rasa peduli dan tenggang rasa terhadap sesama
5) Membekali seseorang dengan keterampilan interpersonal untuk bergaul dalam masyarakat
Tujuan sosialisasi adalah nomor...
a. 1, 2, dan 3
b. 1, 2, dan 5
c. 1, 3, dan 4
d. 1, 4, dan 5
e. 2, 3, dan 4

14. Fokus utama sosiologi dalam memandang kepribadian adalah...
a. Kebudayaan dan pengalaman kelompok
b. Warisan biologis dan lingkungan fisik
c. Bentuk fisik dan golongan darah
d. Pengalaman unik dan warisan biologis
e. Kebudayaan dan lingkungan fisik

15. Jika sesuatu yang disosialisasikan tidak berjalan sesuai dengan harapan atau telah terjadi penyimpangan maka diperlukan suatu upaya...
a. Desosialisasi
b. Resosialisasi
c. Pengendalian sosial
d. Sosialisasi represif
e. Perbaikan keberfungsian sosial

16. Agen-agen pengendali sosial antara lain...
a. Polisi, adat, pengadilan, preman
b. Adat, pengadilan, hansip, geng
c. Pengadilan, polisi, tokoh masyarakat, adat
d. Preman, tokoh masyarakat, polisi, politisi
e. Tokoh masyarakat, adat, polisi, politisi, pengadilan

17. Contoh perilaku menyimpang yang termasuk dalam tindakan kriminal adalah...
a. Robin dan Susan tinggal bersama
b. Badu menyuntikan heroin ke tubuhnya
c. Ardi mengajak temannya membolos
d. Joni memakai anting-anting di telinganya
e. Tuti dibunuh setelah diperkosa

18. Contoh penyimpangan yang bersifat positif adalah...
a. Menyebrang jalan tanpa menggunakan jembatan penyebrangan
b. Sekelompok pemuda berpesta dengan aneka macam obat-obatan terlarang
c. Seorang remaja laki-laki mengenakan anting di telinganya
d. Seorang pria dengan sombongnya menanyakan alamat pengemudi becak
e. Wanita karier mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga

19. Masyarakat daerah kumuh sering cekcok sambil mengucapkan kata-kata kotor, membuang sampah sembarangan, dan membunyikan radio keras-keras. Hal tersebut merupakan...
a. Penyimpangan primer
b. Subkebudayaan menyimpang
c. Penyimpangan yang lain dari biasanya
d. Penyimpangan sekunder
e. Proses sosialisasi tidak sempurna

20. Seorang anak minum minuman keras dalam satu kelompok remaja merupakan suatu penyimpangan yang dipelajari melalui...
a. Media massa
b. Proses alih budaya
c. Sosialisasi
d. Interaksi
e. Komunikasi

21. Karena ingin mendapatkan nilai yang terbaik, Andi menyontek pada saat ujian. Hal tersebut merupakan upaya Andi untuk beradaptasi dengan cara...
a. Konformitas
b. Rebellion
c. Retreatism
d. Ritualisme
e. Inovasi

22. Struktur sosial tidak hanya menghasilkan suatu perilaku yang konformis, tetapi juga perilaku menyimpang. Ahli sosiologi yang mengemukakan pandangan tersebut adalah...
a. C.H. Cooley
b. Edward H. Sutherland
c. Lemert
d. Robert K. Merton
e. Peter L. Berger

23. Berikut ini merupakan tipe kejahatan, kecuali...
a. Kejahatan tanpa korban
b. Kejahatan terorganisasi
c. Pemakaian dan pengedaran obat terlarang
d. Kejahatan kerah putih
e. Kejahatan korporat

24. Perilaku menyimpang muncul akibat perbedaan standar nilai dan norma yang dianut. Pandangan tersebut dikemukakan oleh...
a. Karl Marx
b. David Berry
c. Emile Durkheim
d. Robert K. Merton
e. Max Weber

25. Seorang pria berkewarganegaraan X ditangkap oleh pihak kepolisian Indonesia karena telah melakukan kontak seksual dengan anak-anak. Hal tersebut merupakan contoh...
a. Sadisme
b. Transvetitisme
c. Pedophilia
d. Sodomi
e. Lesbianisme

26. Di bawah ini merupakan tindakan penyimpangan sekunder, kecuali...
a. Pembunuhan
b. Kebut-kebutan di jalan
c. Pemerkosaan
d. Prostitusi
e. Pemakaian obat terlarang

27. Proses labelling pada seseorang muncul karena...
a. Penyimpangan sekunder
b. Deviant career
c. Deviant life style
d. Penyimpangan primer
e. Retreatism

28. Suatu kondisi anomi muncul akibat...
a. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk mengendalikan diri
b. Kurangnya kesadaran masyarakat untuk melakukan pengendalian sosial
c. Pudarnya kesadaran dan kepercayaan masyarakat terhadap norma
d. Kurang berfungsinya agen/lembaga pengendali sosial
e. Agen sosialisasi kurang berfungsi sebagaimana mestinya

29. Salah satu contoh kejahatan terhadap hak milik orang lain adalah...
a. Penipuan
b. Penganiayaan
c. Pemerkosaan
d. Pembunuhan
e. Pelecehan seksual

30. Contoh kejahatan terorganisasi adalah...
a. Pejabat negara yang korupsi
b. Penggelapan uang negara
c. Kerusuhan massa
d. Penjualan perempuan dan anak ke berbagai negara
e. Penjualan obat terlarang

31. Para petugas ketertiban sering menertibkan para pedagang kaki lima yang melanggar aturan dengan mengambil paksa barang dagangannya. Pengendalian sosial yang dilakukan oleh petugas ketertiban ini termasuk...
a. Persuasif
b. Koersif
c. Represif
d. Akomodatis
e. Preventif

32. Jenis pengendalian sosial yang dilakukan masyarakat desa berpedoman pada...
a. Hukuman
b. Adat istiadat
c. Undang-undang
d. Pendidikan
e. Gosip

33. Contoh pengendalian sosial yang dilakukan oleh individu terhadap kelompok adalah...
a. Seorang suami memarahi istrinya yang boros
b. Seorang ibu selalu menasihati putri-putrinya
c. Dialog yang dilakukan oleh lembaga penegak hukum terhadap para pemuda
d. Seminar menghadapi narkoba yang diselenggarakan OSIS
e. Guru-guru membimbing murid-muridnya pergi ke lembaga pemasyarakatan

34. Adat merupakan salah satu lembaga pengendali sosial yang paling efektif terutama bagi masyarakat...
a. Kota
b. Desa
c. Tradisional
d. Homogen
e. Pertanian

35. Pengendalian yang dilakukan secara informal biasanya bersifat...
a. Terorganisasi
b. Resmi
c. Spontan
d. Tertulis
e. Memiliki standar

36. Pembuatan tanggul yang bertujuan menahan luberan lumpur di Sidoarjo merupakan upaya pengendalian sosial yang bersifat...
a. Preventif
b. Kuratif
c. Rehabilitatif
d. Represif
e. Koersif

37. Seorang anak cenderung untuk berperilaku dan menyatakan keinginan pribadinya sejalan dengan pandangan kelompoknya. Tokoh yang mengemukakan pandangan ini adalah...
a. Lapiere
b. Fromm
c. Bovard
d. Merton
e. Rouck

38. Salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengendalikan masyarakat menurut Horton dan Hunt adalah...
a. Norma
b. Nilai
c. Bahasa
d. Adat istiadat
e. Institusi

39. Ibu berjanji akan memberikan Andi uang saku tambahan jika ia tidak pulang terlambat selama sebulan. Contoh tersebut merupakan suatu upaya pengendalian sosial...
a. Represif
b. Persuasif
c. Imbalan dan hukuman
d. Formal
e. Koersif

40. Dalam masyarakat pedesaan, lembaga pengendalian sosial yang berperan besar dalam menciptakan kondisi yang kondusif adalah...
a. Polisi
b. Pengadilan
c. Pejabat pemerintah
d. Tokoh masyarakat
e. Kejaksaan


Ket. klik warna biru untuk link

Download Soal di Sini
Soal Esai Klik di Sini 
Kunci Jawaban Klik di Sini 

Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai Kelas X. Evaluasi Semester Genap [KTSP]
2. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X. Evaluasi Semester Genap [buku 1] 
3. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas X Bab 6. Pengendalian Sosial[KTSP]
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 6. Pengendalian Sosial [KTSP] [Buku 2]
5. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas X Bab 5. Perilaku Menyimpang, Sikap Antisosial, dan Pengendalian Sosial[KTSP]
6. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 5. Perilaku Menyimpang [KTSP] [Buku 2]
7. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 5. Perilaku Menyimpang, Sikap Antisosial, dan Pengendalian Sosial [KTSP] [Buku 1]
8. Soal Pendalaman Materi Esai dan Skala Sikap Kelas X Bab 4. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian [KTSP]
9. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian [KTSP] [Buku 2]
10. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X Bab 4. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian [KTSP] [Buku 1]

Baca Juga
1. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas X. Semester Genap
2. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas X Bab 7. Pengendalian Sosial
3. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas X Bab 6. Perilaku Menyimpang
4. Soal Uji Kompetensi Esai Kelas X Bab 5. Proses Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
5. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas X. Semester Genap
6. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas X Bab 7. Pengendalian Sosial
7. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas X Bab 6. Perilaku Menyimpang
8. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas X Bab 5. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian   
             
Materi Ajar
Bab 4 Kelas X. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian [KTSP]
Bab 5 Kelas X. Perilaku Menyimpang [KTSP]
Bab 6 Kelas X. Pengendalian Sosial [KTSP]

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas X. Evaluasi Semester Genap [buku 2]"