Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas XI Bab 2. Konflik dan Integrasi Sosial

1. Perhatikan contoh konflik berikut!
1) Bentrok antara pedagang kaki lima dengan petugas satpol PP
2) Konflik antara anggota DPR dalam membahas undang-undang
3) Debat pengurus OSIS membahas agenda kegiatan yang sesuai budaya Indonesia
4) Pengguna sepeda motor dan penjual pengecer berebut membeli BBM
5) Tuntutan para buruh pada perusahaan tentang kenaikan upah
Konflik sosial yang disebabkan oleh faktor perbedaan kepentingan ditunjukkan oleh nomor...
a. 1), 2), dan 3)
b. 1), 2), dan 4)
c. 1), 3), dan 5)
d. 2), 3), dan 5)
e. 3), 4), dan 5)

2. Menjelang pemilu banyak warga di Desa Bukitsari bergabung menjadi kader partai. Akibatnya, terjadi persaingan dan gesekan antarwarga karena perbedaan partai yang didukungnya. Dampak konflik sosial di atas adalah...
a. Menimbulkan luka fisik dan korban jiwa
b. Menumbuhkan kesadaran politik warga
c. Mendorong warga bersikap etnosentrisme
d. Menyebabkan disintegrasi antarwarga
e. Menguatkan solidaritas antarwarga

3. Perhatikan ciri-ciri berikut!
1) Terdapat dua belah pihak yang mengalami konflik
2) Pihak yang berkonflik meminta bantuan pihak lain sebagai penengah dalam proses perundingan
3) Pihak yang berkonflik diberi kebebasan memberi keputusan setelah dipandu pihak ketiga
Proses penyelesaian konflik dengan ciri di atas dilakukan dengan cara...
a. Koersi
b. Mediasi
c. Arbitrase
d. Negosiasi
e. Majority rule

4. Upaya konservasi satwa langka oleh para pencinta satwa sering menuai konflik dari masyarakat. Banyak masyarakat yang tidak bersedia menyerahkan hewan langka mereka. Dilihat dari faktor penyebabnya, konflik di atas disebabkan oleh...
a. Perbedaan latar belakang budaya
b. Perbedaan kepentingan
c. Perbedaan keyakinan
d. Ketimpangan sosial
e. Diskriminasi sosial

5. Dampak konflik dan kekerasan yang dapat dirasakan langsung adalah...
a. Sikap dan perilaku seseorang berubah
b. Terjadi perubahan sistem politik
c. Tercipta norma baru dalam masyarakat
d. Timbul trauma bagi korban peperangan
e. Muncul depresi yang dialami oleh korban konflik

6. Terjadi tawuran antara siswa SMA Maju dan siswa SMA Lancar yang disebabkan oleh permasalahan sepele. Oleh karena itu, kedua sekolah sepakat melakukan mediasi guna menyelesaikan kasus tawuran. Pihak yang tepat untuk menjadi mediator adalah...
a. Kepala sekolah, guru, dan masyarakat
b. Kepala desa, ketua komite, dan orang tua
c. Kepala sekolah, polisi, dan guru
d. Polisi, tokoh agama, dan kepala desa
e. Ketua komite, polisi, dan tokoh agama

7. Yanto marah kepada orang tuanya yang tidak membelikannya sepeda motor baru. Yanto beranggapan dengan sepeda motor baru dapat mendukung aktivitasnya di sekolah. Sementara itu, menurut pandangan orang tua, sepeda motor lama masih bisa dipakai. Jika dilihat dari faktor penyebabnya, konflik di atas disebabkan oleh...
a. Perbedaan pendapat dan pemikiran
b. Perilaku deviasi yang dilakukan Yanto
c. Kegagalan orang tua melakukan sosialisasi
d. Pengaruh interaksi primer di sekitar Yanto
e. Perbedaan status sosial antara Yanto dan orang tuanya

8. Bentrok antara dua kelompok suporter menyebabkan tingkat solidaritas antaranggotanya menjadi kuat karena...
a. Muncul korban jiwa
b. Keterikatan genealogis
c. Kesamaan kelas sosial
d. Perubahan konflik sosial
e. Memiliki musuh bersama

9. Mahkamah Konstitusi (MK) mengambil keputusan tentang sah atau tidaknya suatu pasal dalam undang-undang yang menjadi sengketa di antara lembaga-lembaga negara. Bentuk akomodasi pada kasus tersebut adalah...
a. Mediasi
b. Arbitrase
c. Kompromi
d. Stalemate
e. Segregasi

10. Perhatikan contoh konflik berikut!
1) Pekerja perempuan mendemo perusahaan karena tidak memberikan kesempatan naik jabatan
2) Tuntutan para pengguna Jamkesmas atas perbedaan pelayanan ketika berobat
3) Konflik antarkader partai dalam kampanye pemilu
4) Konflik antarsuporter yang menimbulkan korban
5) Wali murid mendemo sekolah karena tidak bersedia menerima siswa dari masyarakat miskin
Konflik sosial yang disebabkan oleh faktor diskriminasi ditunjukkan oleh nomor...
a. 1), 2), dan 4)
b. 1), 2), dan 5)
c. 1), 3), dan 4)
d. 2), 3), dan 4)
e. 3), 4), dan 5)

11. Ketika terjadi konflik antara suami dan istri, anak-anak sering dilibatkan sehingga mereka mengetahui permasalahan yang dihadapi orang tua. Dampak negatif konflik tersebut bagi anak-anak adalah...
a. Pekerjaan dalam keluarga terbengkalai
b. Anak mengalami keterbelakangan mental
c. Anak menjadi mandiri dengan sendirinya tanpa bantuan orang tua
d. Anak menjadi patuh terhadap orang tua karena takut
e. Anak menjadi trauma dan berubah kepribadiannya

12. Bentrok antarpemuda kompleks perumahan Asri dan kompleks perumahan Bersih awalnya diselesaikan dengan cara berdialog bersama. Oleh karena kesalahpahaman, konflik terjadi kembali dan menyebabkan korban luka. Akibatnya, ketua RT dan RW turut campur tangan dalam penyelesaian konflik. Urutan proses akomodasi dalam menyelesaikan konflik tersebut adalah...
a. Negosiasi dan mediasi
b. Mediasi dan negosiasi
c. Toleransi dan arbitrase
d. Arbitrase dan rekonsiliasi
e. Negosiasi dan arbtrase

13. Bangunan liar di bantaran sungai dibongkar paksa petugas pemerintahan Kota Jakarta sehingga menimbulkan bentrok. Pada awalnya masyarakat diizinkan menggunakan lahan karena bangunannya tidak permanen. Akan tetapi, banyak masyarakat yang mulai menjadikan tempat tinggal. Faktor yang melatarbelakangi konflik tersebut adalah...
a. Perubahan sosial
b. Perbedaan status
c. Perbedaan kepentingan
d. Perlakuan diskriminasi sosial
e. Perbedaan latar belakang kebudayaan

14. Konflik antara Palestina dan Israel berlangsung dalam jangka waktu lama. Oleh karena kedua negara sering terlibat konflik menyebabkan PBB turun tangan melakukan gencatan senjata. Dampak negatif konflik internasional di atas adalah...
a. Menimbulkan upaya konsolidasi di antara kedua negara
b. Menghidupkan kembali norma-norma lama
c. Menimbulkan integrasi di antara kedua negara
d. Menyebabkan luka fisik dan korban jiwa
e. Memunculkan sikap separatisme

15. Kasus pencurian diselesaikan dengan melibatkan ketua RT dan RW. Meskipun demikian, keputusan mengenai kasus pencurian diserahkan kepada korban. Akhirnya korban mengurungkan niat melaporkan kepada polisi. Adapun metode penyelesaian konflik tersebut adalah...
a. Koersi
b. Konsolidasi
c. Kompromi
d. Mediasi
e. Ajudikasi


Ket. klik warna biru untuk link

Download Soal di Sini

Kunci Jawaban

Baca Juga
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS) 

Lihat Juga 
1. Materi Sosiologi Konflik dan Integrasi Sosial
2. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Konflik dan Integrasi Sosial Klik di Sini
3. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Konflik dan Integrasi Sosial Klik di Sini
4. Soal-Soal Sosiologi Kelas XI. Kompetensi Konflik Sosial dan Integrasi Sosial Klik di Sini  
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas XI Bab 2. Konflik dan Integrasi Sosial"