Astrid Susanto

Biografi Astrid Susanto
Astrid Susanto
Ahli Sosiologi Komunikasi
Prof. Dr. Maria Antonia Astrid Sunarti Susanto lahir di Makasar tanggal 4 Januari 1936 dan meninggal di Jakarta tanggal 13 April 2006. Riwayat pendidikan beliau dimulai dari Sekolah Rakyat (SR) di Yogyakarta tahun 1948, SMP Jakarta (1956), Westfaelische Universitat, Munster, Jerman Barat tahun 1960, dan Freire Universitat, Jerman Barat tahun 1964.

Sebagai intelektual, Prof. Dr. Maria Antonia Astrid Sunarti Susanto Ph.D mendarmabaktikan dirinya di berbagai lembaga yang berhubungan dengan sosiologi. Pada tahun 1971-1975 menjadi Dekan Fakultas Publisistik Universitas Padjadjaran, Bandung, menjadi dosen ilmu komunikasi dan sosiologi pembangunan Universitas Indonesia pada 1976-2006, menjadi Kepala Biro Penerapan Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Bappenas tahun 1974-1988, menjadi anggota MPR dari Utusan Golongan pada tahun 1987-1992, menjadi anggota Fraksi PDKB DPR/MPR pada tahun 2002, menjadi anggota Fraksi Kesatuan Kebangsaan Indonesia (F-KKI) pada tahun 2002-2004, menjadi dosen Program Pascasarjana (S-2 dan S-3) UI Jakarta, Universitas Sahid Jakarta, dan Universitas Hassanudin Makassar.

Sejak kecil, Astrid memang berdisiplin keras dan berani mengemukakan pendapat. Sebagai ilmuwan dan akademisi, beliau tidak pernah berhenti menulis dan berkarya. Bahkan menjelang akhir hayat, Astrid tengah menulis empat buku yang dikerjakan secara berbarengan. Salah satu buku tulisannya berjudul Komunikasi Teori dan Praktek dan Filsafat Ilmu Komunikasi yang menjadi buku wajib bagi mahasiswa komunikasi.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Astrid Susanto"