Bentuk-bentuk Keluarga

Bentuk-bentuk Keluarga
Keluarga
Keluarga dapat dibedakan atas beberapa bentuk berdasarkan sejumlah kriteria sebagai berikut.
1. Berdasarkan ukuran dan jumlah anggotanya
a. Keluarga batih (nuclear family), merupakan satuan keluarga terkecil, yang terdiri atas ayah, ibu, dan anak yang belum menikah
b. Keluarga luas (extended family), keluarga yang terdiri dari ayah, ibu, anak, dan keluarga dari pihak ayah maupun ibu yang tinggal bersama-sama.

2. Berdasarkan ikatan kekeluargaan
a. Keluarga konsanguinal, keluarga yang bersistem konsanguinal menekankan pada pentingnya ikatan darah.Ikatan seseorang dengan orangtuanya cenderung dianggap lebih penting daripada ikatannya dengan suami atau istri.
b. Keluarga konjugal, menekankan pada pentingnya hubungan perkawinan (antara suami dan istri). Ikatan dengan suami atau istri cenderung dianggap lebih penting dibanding ikatan dengan orangtua.

3. Berdasarkan maknanya bagi individu
a. Keluarga orientasi (family of orientation), ialah keluarga yang di dalamnya seseorang dilahirkan. Bermakna masa lalu.
b. Keluarga prokreasi (family of procreation), adalah keluarga yang dibentuk seseorang dengan jalan menikah dan mempunyai keturunan. Bermakna masa depan.


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Materi Sosiologi SMA
1. Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 3. Lembaga Sosial (KTSP)
2. Materi Ujian Nasional Kompetensi Lembaga Sosial
3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 2.2 Individu, Kelompok, dan Hubungan Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Bentuk-bentuk Keluarga"