Max Weber. Tindakan Sosial

Tindakan Sosial Max Weber
Max Weber
Keseluruhan sosiologi Weber didasarkan pada konsepsinya atas tindakan sosial (S. Turner, 1983). Weber membedakan di antara tindakan sosial dan perilaku reaktif belaka. Dia memerhatikan tindakan yang jelas-jelas melibatkan campur tangan atas proses pemikiran dan tindakan bermakna yang dihasilkan di antara kejadian suatu stimulus dan respons terakhir. Tindakan sosial dinyatakan terjadi bila para individu melekatkan makna-makna subjektif kepada tindakan mereka. Bagi Weber, tugas sosiologis mencakup penafsiran tindakan dari segi makna subjektifnya.

Dalam menancapkan analisanya di dalam proses mental dan tindakan bermakna yang dihasilkan, Weber berhati-hati dalam menunjukkan bahwa kelirulah bila memandang psikologi sebagai fondasi penafsiran sosiologis atas tindakan. Para sosiolog tertarik pada proses-proses mental, tetapi tidak sama dengan perhatian psikolog pada pikiran, personalitas, dan seterusnya.

Di dalam teorinya tentang tindakan, jelaslah Weber ingin berfokus pada individu, pola-pola dan regularitas-regularitas tindakan dan bukan pada kolektivitas. Weber menggunakan metodologi tipe-idealnya untuk menjelaskan makna tindakan dengan memperkenalkan empat tipe dasar tindakan. Dari keempat tipologi tindakan tersebut, yang paling penting ialah pembedaan yang dilakukan Weber di antara dua tipe tindakan rasional. Yang pertama ialah rasionalitas alat-tujuan, atau tindakan yang ditentukan oleh pengharapan-pengharapan mengenai perilaku objek-objek di dalam lingkungan dan perilaku manusia lainnya; pengharapan-pengharapan itu digunakan sebagai kondisi-kondisi atau alat-alat untuk pencapaian tujuan-tujuan sang aktor sendiri yang dikejar dan diperhitungkan secara rasional (Weber, 1921/1968:24).

Kedua adalah rasionalitas nilai, atau tindakan yang ditentukan oleh kepercayaan yang sadar akan nilai tersendiri suatu bentuk perilaku yang etis, estetis, religius, atau bentuk lainnya, terlepas dari prospek-prospek keberhasilannya (Weber, 1921/1968:24-25). Tindakan afektual (yang tidak banyak diperhatikan Weber) ditentukan oleh keadaan emosional sang aktor. Tindakan tradisional (yang jauh lebih banyak diperhatikan Weber) ditentukan oleh cara-cara berperilaku sang aktor yang biasa dan lazim. Demikian, meskipun Weber membedakan empat bentuk tindakan yang khas-ideal, ia sadar betul bahwa setiap tindakan tertentu biasanya memuat keempat tipe-tipe ideal tindakan. 


Ket. klik warna biru untuk link

Download di Sini

Sumber.
Ritzer, George. 2012. Teori Sosiologi; dari Sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.


Lihat Juga
Tindakan Sosial Max Weber (Youtube Channel. https://youtu.be/FDjcSpNUg44) Jangan lupa like, share, komen, dan subscribe yah...

Baca Juga
1. Max Weber. Biografi
2. Tokoh-Tokoh yang Mempengaruhi Perkembangan Ilmu Sosiologi
3. Teori-Teori Sosiologi Sesudah Comte: Mazhab Ekonomi
4. Max Weber. Etika Protestan dan Semangat Kapitalisme
5. Max Weber. Metodologi: Sejarah dan Sosiologi
6. Max Weber. Sosiologi Substantif
7. Max Weber. Verstehen dan Kausalitas
8. Max Weber. Rasionalisasi 
9. Paradigma Sosiologi. Definisi Sosial
10. Max Weber. Struktur-Struktur Otoritas
11. Weber dan Teori Tindakan
12. Max Weber. Tipe-Tipe Ideal
13. Pokok Bahasan Sosiologi
14. Weber dan Teori Tindakan
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Max Weber. Tindakan Sosial"