Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester 2 [Kurikulum 2013]

1. Pandangan atau paham yang menunjukan sikap berpegang teguh pada hal-hal yang sejak semula melekat pada diri individu, seperti suku bangsa, ras, dan agama disebut…
a. Chauvinism
b. Primordialisme
c. Etnosentrisme
d. Politik aliran
e. Proses konsolidasi

2. Sikap yang menilai kebudayaan masyarakat lain dengan menggunakan ukuran-ukuran yang berlaku di masyarakatnya disebut…
a. Chauvinism
b. Primordialisme
c. Etnosentrisme
d. Politik aliran
e. Proses konsolidasi

3. Politik dalam suatu masyarakat yang memilih pilihan politiknya masih berdasarkan kepada aliran, agama, atau ideologi disebut…
a. Chauvinism
b. Primordialisme
c. Etnosentrisme
d. Politik aliran
e. Proses konsolidasi

4. Konflik adalah bagian dari proses interaksi sosial manusia yang saling berlawanan (oppositional process). Pendapat ini disampaikan oleh…
a. Clifford James Geertz
b. Gillin dan Gillin
c. Lewis A. Coser
d. De Moor
e. Auguste Comte

5. Konflik terbuka lebih umum terjadi pada hubungan antarpatner bisnis daripada hubungan antaranggota ini sesuai dengan pendapat…
a. Clifford James Geertz
b. Gillin dan Gillin
c. Lewis A. Coser
d. De Moor
e. Auguste Comte

6. Pertempuran antarkelompok gerilyawan bersenjata di Suriah merupakan…
a. Konflik realistis
b. Konflik nonrealistis
c. Konflk in-group
d. Konflik out-group
e. a, b, c, dan d benar

7. Pertempuran antarkelompok gerilyawan bersenjata di Suriah merupakan…
a. Konflik realistis
b. Konflik nonrealistis
c. Konflk in-group
d. Konflik out-group
e. a, b, dan c salah

8. Konflik antara orang kulit hitam dan kulit putih di Afrika Selatan merupakan contoh…
a. Konflik pribadi
b. Konflik rasial
c. Konflik antarkelas
d. Konflik internasional
e. Konflik in-group

9. Cara terbaik untuk mencegah seseorang dari bergabung dengan geng adalah…
a. Libatkan remaja dalam berbagai kegiatan yang positif
b. Jauhkan remaja dari kegiatan negatif
c. Bawa remaja ke psikiater
d. Libatkan keluarga, organisasi pelayanan sosial, dan penegakan hukum, sekolah, dan pejabat kota
e. Anggota masyarakat harus mulai berpikir remaja sebagai orang yang keadaannya membuat dia rentan terhadap gaya hidup geng

10. Konflik antara generasi muda dengan generasi tua umumnya disebabkan oleh faktor…
a. Umur/usia
b. Kepentingan
c. Perubahan sosial
d. Posisi masyarakat dalam
e. Peranan yang berbeda

11. Kekerasan disebabkan oleh kelainan jiwa. Hal ini sesuai dengan…
a. Teori faktor individual
b. Teori faktor kelompok
c. Teori dinamika kelompok
d. a, b, dan c salah
e. a, b, dan c benar

12. Ada konflik antar warga desa dan pengusaha berkaitan dengan proses ganti rugi lingkungan fisik dan sosial. Konflik tidak terselesaikan karena…
a. Ulah manusia yang tidak mengindahkan teknologi
b. Perbedaan kepentingan antara warga dan pengusaha
c. Bencana alam yang memicu terjadinya sosial konflik
d. Bencana alam yang mempengaruhi kondisi psikologis
e. Perubahan kebudayaan dapat disebabkan oleh bencana alam

13. Untuk menghindari terjadinya konflik terbuka, pertemuan antara tokoh masyarakat yang berbeda budaya dan etnis harus diadakan. Tujuannya membahas perbedaan yang ada dan mencapai kesepakatan bersama dengan masing-masing pihak saling mengurangi tuntutan. Upaya akomodasi yang dilakukan para tokoh tersebut merupakan bentuk…
a. Arbitrasi
b. Ajudikasi
c. Kompromi
d. Konsiliasi
e. Kontroversi

14. Diferensiasi suku bangsa didasarkan pada perbedaan…
a. Budaya
b. Fisik
c. Keturunan
d. Pekerjaan
e. Jenis kelamin

15. Primordialisme dapat terjadi karena…
a. Adanya suatu sikap untuk mempertahankan keutuhan suatu kelompok sosial
b. Adanya keinginan untuk mempertahankan keinginan pribadi
c. Adanya kecintaan pada bangsa dan negara
d. Adanya pembagian tugas yang terspesialisasi
e. Adanya dominasi terhadap kelompok minoritas

16. Salah sifat konflik adalah adanya ketegangan emosi yang mempunyai ciri tertentu, yakni…
a. Berlangsung terus menerus
b. Tidak ada batas waktu dan tempat
c. Tanpa kendali dan berlangsung relatif singkat
d. Berlangsung terkendali
e. Berlangsung relatif lama

17. Berikut ini yang merupakan dampak positif dari sebuah konflik adalah…
a. Meningkatkan solidaritas kelompok
b. Mengubah kepribadian individu
c. Memupuk rasa dendam
d. Timbulnya disorganisasi
e. Sebagai wadah ketergantungan individu

18. Fungsi konflik terhadap kelompok in-group adalah…
a. Mengganti nilai dan norma yang telah using
b. Mempercepat proses asimilasi
c. Mendorong munculnya teknologi baru
d. Memperkuat persatuan dan kesatuan
e. Mengurangi kerugian akibat pertentangan

19. Yang dimaksud konflik yang realistis adalah…
a. Konflik yang berasal dari kekecewaan individu atau kelompok atas tuntutan-tuntutan maupun perkiraan keuntungan yang terjadi dalam hubungan sosial
b. Konflik yang bukan berasal dari tujuan-tujuan yang bertentangan, tetapi dari kebutuhan untuk meredakan ketegangan
c. Konflik yang menggunakan kekuatan ilmu gaib
d. Konflik yang menggunakan cara mengkambinghitamkan salah satu pihak
e. Konflik yang menyebabkan salah satu pihak harus menerima kekalahan

20. Kebijakan pembangunan negara yang tidak adil dan merata, termasuk dalam…
a. Direct violence
b. Indirect violence
c. Individual violence
d. Functional violence
e. Subjective violence

21. Integrasi dalam masyarakat dapat terwujud jika…
a. Penguasa mengendalikan prasangka dan dominasi
b. Pengendalian prasangka buruk terhadap individu tertentu
c. Politik aliran berkembang dengan semangat dominasi
d. Penguasa memperhatikan golongan dominan
e. Adanya dominasi tanpa paksaan dan etnosentrisme

22. Integrasi sosial dalam masyarakat minimal karena individu dan kelompok terlibat dalam… untuk mendapatkan keuntungan
a. Solidaritas
b. Kerja sama
c. Persaingan
d. Aksi kolektif
e. a, b, c, dan d benar

23. Salah satu akibat yang paling serius yang berhubungan dengan asimilasi adalah…
a. Hilangnya kekuatan politik
b. Kehilangan identitas
c. Hilangnya hak
d. Hilangnya kebebasan
e. Hilangnya individualitas

24. Kembali ke kondisi sebelum terjadinya konflik atau perpecahan disebut…
a. Integrasi
b. Deintegrasi
c. Reintegrasi
d. Separatis
e. Reboisasi

25. Tokoh yang mengatakan bahwa reintegrasi terlaksana apabila norma-norma atau nilai-nilai baru telah melembaga dalam masyarakat adalah…
a. Pius A. Partanto
b. M. Dahlan Al Barry
c. Albert O. Hirschman
d. Sukanto
e. Abu Ahmadi


Ket. klik warna biru untuk link

Download Soal di Sini
Kunci Jawaban Klik di Sini 

Lihat Juga
1. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial [Kurikulum 2013]
2. Soal Pendalaman Materi Esai. Kelas XI. Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya [Kurikulum 2013]
3. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial [Kurikulum 2013]
4. Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 4. Konflik dan Penyelesaiannya [Kurikulum 2013]

Baca Juga   
1. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
2. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI. Evaluasi Semester 2 (Kurikulum Revisi 2016)
3. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
4. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
5. Soal Pendalaman Esai Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
6. Soal Pendalaman Pilihan Ganda Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)      

Materi Ajar
1. Kelas XI. Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya [Kurikulum 2013]  
2. Kelas XI. Bab 5. Integrasi dan Reintegrasi Sosial [Kurikulum 2013]
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Pendalaman Materi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester 2 [Kurikulum 2013]"