Robert Morrison MacIver

Biografi Robert Morrison MacIver
Robert Morrison MacIver
Robert Morrison MacIver (lahir, 17 April 1882 di Stornoway, Outer Hebrides, Skotlandia - meninggal, 15 Juni 1970 di New York City) adalah seorang sosiolog kelahiran Skotlandia, ilmuwan politik, dan juga seorang pendidik yang menyatakan keyakinan akan kompatibilitas individualisme dan sosial organisasi. Kekuatan kreatif-Nya untuk membuat perbedaan antara negara dan masyarakat memunculkan teori-teori baru demokrasi, multi-kelompok koeksistensi, dan sifat otoritas.

MacIver menempuh pendidikannya di University of Oxford, kemudian setelah Ia mendapatkan gelar Ph.D. dari University of Edinburgh pada tahun 1915, MacIver mengajar ilmu politik di University of Toronto pada Tajim 1915-1927 dan di sana Ia menulis Community: Sebuah Studi Sosiologi (1917) dan Elements of Social Science (1921). MacIver kemudian pergi ke Amerika Serikat, pada saat itu Ia bergabung dengan fakultas dari Barnard College pada tahun 1927-1936. Kemudian Ia adalah guru besar filsafat politik dan sosiologi di Columbia University pada tahun 1929-1950. MacIver menguatkan gagasan bahwa masyarakat berevolusi dari negara-negara yang sangat komunal untuk orang-orang di mana fungsi individu dan kelompok afiliasi yang sangat khusus. Ia merasa bahwa sosiolog harus menghindari memaksakan nilai-nilainya sendiri pada fakta sosial. MacIVer juga menekankan bahwa evolusi sosial tidak selalu setara dengan kemajuan sosial, yang Ia rasakan hanya bisa diukur dengan penilaian pribadi. 


Ket. klik warna biru untuk link

Sumber
Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Download
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Robert Morrison MacIver"