Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

1. Rino yang berusia 3 tahun, sedang bermain dengan teman-teman sebayanya. Ia berpenampilan sebagai dokter gigi, sementara temannya yang lain menjadi pasiennya. Tahap pembentukan kepribadian bagi Rino termasuk pada...
A. Generalized others
B. Significant others
C. Personality stage
D. Game stage
E. Play stage

2. Sejak internet masuk sekolah, para siswa dianjurkan menggunakannya sebagai sumber belajar. Di samping itu, para siswa juga menggunakannya untuk mengerjakan tugas sekolah dalam jejaring sosial. Setelah terbiasa menggunakan internet, para siswa merasa menjadi bodoh dan ketinggalan zaman tanpa internet. Peran internet dalam pembentukan kepribadian siswa tersebut adalah...
A. Menjadikan sekolah semakin modern
B. Memajukan sistem dunia pendidikan
C. Membuka kepercayaan masyarakat
D. Menambah wawasan pengetahuan
E. Menambah wewenang peran sekolah

3. Karena kemiskinan di kampung halamannya, seseorang mencoba merantau ke kota. Di kota, ia bergaul dengan masyarakat sekitar, mempelajari kebiasaan-kebiasaan orang di kota dengan tujuan agar dapat menyesuaikan diri dengan nilai dan norma masyarakat setempat. Peran yang dimainkan orang tersebut merupakan tujuan sosialisasi, yaitu...
A. Mengetahui tujuan dari perilaku merantau
B. Mengetahui keragaman kebudayaan daerahnya
C. Memahami dan menjalankan aturan yang berlaku
D. Mengenalkan perbedaan yang ada di masyarakat
E. Mengetahui dengan detail lingkungan fisik yang baru

4. Sebagai orang Jawa, Budi dididik oleh ibu dan ayahnya berbahasa dan berbudaya Jawa yang tepat pada saat berkomunikasi dengan orang lain sesuai dengan tingkatan statusnya. Dalam contoh tersebut terjadi proses sosialisasi yang dipengaruhi oleh faktor...
A. Lingkungan fisik
B. Warisan biologis
C. Pengalaman unik
D. Pengalaman kelompok
E. Lingkungan kebudayaan

5. Sejak menjadi anggota OSIS di sekolah, Rina yang semula pemalu, berubah menjadi seorang pemberani, berpikir kritis, sistematis, dan sopan. Rina juga peduli dengan masalah lingkungan dan pelestarian budaya, serta mudah bergaul. Segala potensi yang dimiliki Rina merupakan hasil dari fungsi sosialisasi...
A. Keluarga
B. Media massa
C. Kelompok sebaya
D. Lingkungan sekolah
E. Lingkungan kerja

6. Seorang siswa bernama Robert dapat bergaul secara luwes dengan teman sebayanya, sehingga ia disenangi oleh teman-temannya. Tidak hanya itu, ia juga dapat menerima perbedaan pendapat dengan orang lain. Contoh tersebut merupakan tujuan sosialisasi, yaitu...
A. Membentuk kepribadian ideal sebagai insan multikulturalis
B. Mengembangkan kemampuan berkomunikasi secara massal
C. Mengadakan latihan pengembangan pribadi yang mawas diri
D. Menanamkan nilai dan norma kepercayaan nenek moyang
E. Mengendalikan fungsi organik sebagai simbol komunikasi

7. Di dalam kelas, guru secara rutin mengorganisasi proses pembelajaran bagi murid-murid, memberikan penguatan, dan melaksanakan forum diskusi agar murid-murid bisa mandiri dan bertanggung jawab. Meskipun antara guru dan murid tampak akrab, namun di antara mereka tetap menjaga sopan santun sebagaimana lazimnya. Sosialisasi yang dikembangkan di sekolah tersebut, termasuk tipe sosialisasi...
A. Primer
B. Formal
C. Sekunder
D. Nonformal
E. Partisipatoris

8. Susan merupakan remaja yang sedang mengalami masa pertumbuhan. Ia gemar mendengarkan musik dan menonton film Korea. Kebiasaan ini memengaruhi perilaku Susan dalam kesehariannya. Media sosialisasi yang memengaruhi perubahan perilaku Susan adalah...
A. Keluarga
B. Teman sebaya
C. Media elektronik
D. Teman sekerja
E. Lembaga pendidikan

9. Setelah sering bergaul dengan teman-teman sebayanya, Dodi akhir-akhir ini menunjukkan perubahan sikap dan perilaku yang cenderung kurang disukai oleh masyarakat di lingkungannya. Perilaku Dodi tersebut merupakan hasil bentuk sosialisasi...
A. Partisipatif
B. Represif
C. Preventif
D. Primer
E. Sekunder

10. Media massa merupakan salah satu agen sosialisasi yang memiliki peran penting dalam proses pembangunan, karena pembangunan harus dapat dinikmati oleh setiap lapisan masyarakat. Peran media massa sebagai agen sosialisasi sekunder dalam pembangunan untuk persatuan dan kesatuan masyarakat Indonesia adalah...
A. Menayangkan hasil pembangunan
B. Memberikan pendidikan pada masyarakat
C. Mendorong proses integrasi
D. Menyajikan informasi dan hiburan
E. Mengomunikasikan hasil pembangunan

11. Adanya kelompok bermain bagi seorang anak akan memberikan peranan positif bagi perkembangan sosialisasinya. Peranan-peranan positif tersebut, salah satunya yaitu seorang anak akan...
A. Membentuk sistem interaksi yang intim
B. Memperkenalkan nilai-nilai
C. Mendapat tempat penyaluran berbagai perasaannya, seperti sedih dan senang
D. Mengajarkan pendidikan
E. Memengaruhi perkembangan intelektual

12. Setiap manusia dianugerahi kemampuan berpikir, terutama dalam hal meniru, meskipun kegiatan meniru pada tahap ini belumlah sempurna. Misalnya, kata mama yang diajarkan oleh ibunya hanya mampu ditiru menjadi “ma”. Anak tersebut sedang melakukan proses sosialisasi pada tahap...
A. Play stage
B. Game stage
C. Preparatory stage
D. Generalized stage
E. Desosialisasi stage

13. Iklan-iklan yang ditayangkan melalui media massa mempunyai potensi untuk mengubah pola konsumsi atau bahkan gaya hidup masyarakat. Media massa pun sering digunakan untuk memengaruhi dan bahkan membentuk pendapat umum. Pengaruh media sosialisasi tersebut terhadap perkembangan kepribadian adalah...
A. Mengarahkan individu untuk berperilaku antisosial
B. Membuat individu bersikap konsumerisme
C. Sikap hedonis berkembang pada diri individu
D. Individu menjadi kenal dan terbiasa dengan budaya Barat
E. Kebiasaan individu mengalami perubahan kondisional

14. Setiap orangtua akan mengingatkan anaknya untuk belajar mandiri dan tidak tergantung kepada orang lain. Contoh tersebut menunjukkan bentuk sosialisasi...
A. Primer
B. Formal
C. Represif
D. Preventif
E. Sekunder

15. Remaja putri dilahirkan dari keluarga yang sederhana, akan tetapi ia tergolong anak yang cerdas, mudah bergaul, memiliki motivasi yang tinggi dalam melakukan sesuatu yang sifatnya baik. Ia juga memiliki bakat olahraga dan seni yang diturunkan dari ibunya.
Kepribadian remaja putri tersebut dipengaruhi oleh faktor...
A. Lingkungan keluarga
B. Lingkungan sekolah
C. Lingkungan bermain
D. Media elektronik
E. Teman sebaya

16. Terdapat orang tua yang dulunya sebagai pemain basket dengan postur tubuh yang tinggi. Anaknya pun sekarang menjadi pemain basket terkenal, setelah melalui latihan yang rutin dan bersungguh-sungguh. Faktor yang memengaruhi kepribadian anak adalah...
A. Lingkungan fisik
B. Lingkungan budaya
C. Lingkungan sekolah
D. Teman bermain
E. Warisan biologis

17. Seorang anak kecil sedang bermain boneka. Ia memperlakukan boneka seperti layaknya seorang anak. Proses sosialisasi ini terjadi pada tahap play stage yaitu...
A. Membentuk konsep diri melalui permainan
B. Mulai belajar meniru peran orang tua
C. Membiasakan berperilaku sesuai dengan nilai
D. Pembentukan diri yang dipengaruhi orang lain
E. Mampu berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya

18. Contoh tahap perkembangan diri seseorang:
(1) Budi menjadi ketua senat mahasiswa Fakultas Hukum
(2) Dalam usia relatif muda, Susi menjadi anggota DPRD tingkat I
(3) Jessy mengikuti perilaku kakaknya mencoret-coret tembok rumahnya
(4) Dewi melanjutkan bisnis orang tuanya di bidang usaha transportasi taksi
(5) dinda menyanyi lagu kesukaannya di kamar tidurnya dengan suara gembira
Yang termasuk tahap generalized others adalah...
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (5)
D. (2), (4), dan (5)
E. (3), (4), dan (5)

19. Anita sering berperilaku seperti ibunya saat berangkat kerja, yaitu memakai sepatu hak tinggi dan membawa tas kerja. Perilaku Anita termasuk dalam tahap sosialisasi...
A. Tahap persiapan bertindak
B. Tahap persiapan
C. Tahap meniru
D. Tahap penerimaan norma kolektif
E. Tahap persiapan penerimaan

20. Sebagai peserta didik yang disiplin, Wuri selalu mengumpulkan tugas tepat waktu. Wuri tidak ingin diberi hukuman oleh guru karena terlambat mengumpulkan tugas. Ilustrasi tersebut menunjukkan proses sosialisasi terjadi pada tahap game stage yaitu...
A. Mulai memahami dirinya dan meniru perilaku orang tua
B. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
C. Mulai memahami peran dan peraturan yang berlaku
D. Meniru perilaku orang dewasa secara lebih sempurna
E. Memiliki pendapat sendiri dalam memecahkan masalah


Ket. klik warna biru untuk link

Download
Kunci Jawaban

Baca Juga
Jenis Soal Kategori Higher Order Thinking Skill (HOTS)

Materi Sosiologi
Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Soal-Soal
1. Soal Pendalaman Materi Klik di Sini dan Sini
2. Soal Uji Kompetensi Klik di Sini

Media
1. Power Point 1
2. Power Point 2 
3. Video Penunjang
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian"