RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SOSIOLOGI [Kelas XI Bab 1]

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SOSIOLOGI [Kelas XI Bab 1]
A. Kompetensi Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metode sesuai kaidah keilmuan.

B. Kompetensi Dasar
1.1. Memperdalam nilai agama yang dianutnya dan menghargai keberagaman agama dengan menjunjung tinggi keharmonisan dalam kehidupan bermasyarakat.
2.1. Menumbuhkan kesadaran individu untuk memiliki tanggung jawab publik dalam ranah perbedaan sosial.
2.2. Menunjukkan sikap toleransi dan empati sosial terhadap perbedaan sosial.
3.1. Memahami pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi.
4.1. menalar tentang terjadinya pengelompokan sosial di masyarakat dari sudut pandang dan pendekatan sosiologi

C. Indikator
1. Menjelaskan pengertian kelompok sosial
2. Menjelaskan faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Menjelaskan ciri-ciri kelompok sosial
4. Menjelaskan macam-macam kelompok sosial
5. Menjelaskan perkembangan kelompok sosial

D. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti pembelajaran dengan metode diskusi pada topik pembentukan kelompok sosial siswa mampu.
1. Memahami pengertian kelompok sosial
2. Mengidentifikasi faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Menganalisis ciri-ciri kelompok sosial
4. Mengklasifikasikan macam-macam kelompok sosial
5. Mendeskripsikan perkembangan kelompok sosial

E. Materi Pembelajaran
Pembentukan kelompok sosial
1. Pengertian kelompok sosial
2. Faktor-faktor pembentuk kelompok sosial
3. Ciri-ciri kelompok sosial
4. Macam-macam kelompok sosial
5. Perkembangan kelompok sosial

F. Pendekatan, Strategi, dan Metode Pembelajaran
1. Model pembelajaran: saintifik
2. Strategi pembelajaran: kooperatif
3. Metode: ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan

G. Kegiatan Pembelajaran
Langkah 1: Kegiatan awal (apersepsi)
- Doa
- Absensi
- Motivasi dengan mengarahkan siswa pada situasi pembelajaran

Langkah 2: Kegiatan inti
Mengamati
- Mengamati proses pembentukan kelompok sosial di masyarakat
- Mengkaji dari berbagai sumber informasi tentang proses pembentukan kelompok sosial dalam masyarakat
Menanya
- Menumbuhkan rasa ingin tahu tentang proses pembentukan kelompok sosial dan mendiskusikannya berdasarkan pengetahuan sosiologi dengan berorientasi pada praktik pengetahuan yang menumbuhkan sikap religiositas dan etika sosial.
Mengumpulkan informasi
- Mengidentifikasi dan mengumpulkan data tentang ragam pengelompokan sosial di masyarakat sekitar
Menalar/Mengasosiasi
- Mengklasifikasikan ragam pengelompokan sosial di masyarakat sekitar berdasarkan jenis dan bentuk pengelompokan
Mengomunikasikan
- Mempresentasikan hasil diskusi tentang pembentukan kelompok sosial

Langkah 3: Kegiatan akhir (Penutup)
- Rangkuman
- Penilaian proses
- Penugasan

H. Penilaian Proses dan Hasil
Sikap
Observasi
- Penilaian tentang perilaku saling menghormati, tanggung jawab, disiplin, toleransi, jujur, kerja sama, gotong royong, cinta damai, responsif, dan pro aktif serta kinerja siswa selama melakukan kegiatan baik kegiatan klasikal, mandiri, atau kelompok mengikuti prosedur atau aturan sesuai dengan yang ditetapkan dan/atau disepakati bersama.

Pengetahuan
Tes
- Melakukan tes untuk mengetahui pemahaman siswa tentang pengelompokan sosial

Tugas
- Merumuskan kesimpulan dari hasil pengamatan dan kajian tentang pengelompokan sosial di masyarakat

Keterampilan
- Memaparkan hasil diskusi kelompok tentang pengelompokan sosial yang terdapat di masyarakat sekitar

I. Contoh Instrumen
Soal
1. Jelaskan pengertian kelompok sosial menurut Soerjono Soekanto
2. Sebutkan faktor pendorong pembentukan kelompok sosial
3. Sebutkan syarat-syarat terbentuknya kelompok sosial
4. Apa akibat dari terjadinya diskriminasi?
5. Apa perbedaan antara komunitas dengan kerumunan?

Kunci instrumen
1. Menurut Soerjono Soekanto, kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan manusia yang hidup bersama, antaranggotanya saling berhubungan, saling memengaruhi, dan memiliki kesadaran untuk saling menolong.

2. Pada proses pembentukan kelompok sosial pun demikian, ada faktor-faktor tertentu yang mendorong manusia untuk membentuk dan bergabung dalam kelompok sosial tertentu.
a. Dorongan untuk mempertahankan hidup
b. Dorongan untuk meneruskan keturunan
c. Dorongan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas kerja

3. Syarat terbentuknya kelompok sosial:
a. Adanya kesadaran bahwa setiap anggota merupakan bagian dari kelompoknya
b. Adanya hubungan timbal balik di antara anggota kelompok
c. Adanya faktor pengikat hubungan (misalnya nasib, cita-cita, tujuan, kepentingan, atau musuh yang sama)
d. Adanya struktur, kaidah, dan pola perilaku, serta
e. Adanya sistem dan proses sosial

4. Akibat dari diskriminasi adalah timbulnya kesenjangan sosial yang dapat menimbulkan permasalahan sosial seperti pertikaian antarsuku

5. Komunitas: sekumpulan orang yang mempunyai hubungan secara tetap dan bersifat teritorial untuk mencapai tujuan bersama.
Kerumunan: sekumpulan orang yang berada pada suatu tempat, akan tetapi tidak berhubungan secara tetap dan hanya bersifat sementara.

J. Sumber Belajar
Buku teks pelajaran, buku referensi yang relevan, majalah, jurnal, koran, hasil penelitian, gambar, diagram, grafik, peta, audio-visual, dan masyarakat di lingkungan setempat.



Download

Ket. klik warna biru untuk link

Lihat Juga
Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)


Media
1. Power Point Bag. 1 
2. Power Point Bag. 2 
3. Video Penunjang
4. Materi Pengayaan Sosiologi. Kelompok Sosial di Masyarakat

Soal-soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SOSIOLOGI [Kelas XI Bab 1]"