Soal-soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian

Pilihlah Jawaban yang Benar!
1. Hari pertama memasuki SMA, Siska mengikuti kegiatan masa orientasi siswa (MOS) yang diadakan di sekolah. Kegiatan tersebut berguna bagi Siska dan peserta didik lain untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan sekolah. Berdasarkan ilustrasi tersebut, bentuk sosialisasi yang dilakukan Siska adalah sosialisasi...
A. Primer
B. Sekunder
C. Ekualitatif
D. Partisipatoris
E. Tidak langsung

2. Proses sosialisasi dapat memengaruhi kepribadian seseorang. Keluarga berperan memberikan sosialisasi tingkat pertama kepada anggota keluarganya. Oleh karena itu, keluarga berperan sebagai agen sosialisasi primer yang bertujuan...
A. Meningkatkan rasa solidaritas antaranggota masyarakat
B. Memberikan pembelajaran nilai dan norma sosial mendasar
C. Menanamkan kehidupan dan menambah wawasan pengetahuan
D. Melaksanakan tindakan sosial sesuai dengan budaya masyarakat
E. Menjaga keteraturan dan ketertiban dalam lingkungan masyarakat

3. Sebagai peserta didik baru, Resti mengikuti kegiatan pengenalan di lingkungan sekolah. Dalam kegiatan tersebut, Resti diberikan penyuluhan mengenai pendidikan karakter oleh kepala sekolah. Tujuannya agar Resti dan peserta didik lain dapat menerapkan nilai-nilai karakter seperti kedisiplinan, kejujuran, tanggung jawab, serta sikap kritis di lingkungan sekolah. Berdasarkan ilustrasi tersebut, bentuk sosialisasi yang dialami Resti adalah sosialisasi...
A. Primer
B. Sekunder
C. Otoritatif
D. Ekualitatif
E. Partisipatoris

4. Heri merupakan anak pendiam dan tidak suka bersosialisasi di lingkungan masyarakat. Sejak bertemu dengan teman-teman kuliahnya, dia berubah menjadi ramah dan mudah bergaul dengan orang lain. Heri juga aktif dalam organisasi desa. Media sosialisasi yang berperan mengubah kepribadian Heri adalah...
A. Keluarga
B. Lingkungan kerja
C. Kelompok bermain
D. Lingkungan sekolah
E. Lingkungan masyarakat

5. Pada saat ini hampir semua bidang, termasuk pendidikan memerlukan internet. Dalam institusi pendidikan, peserta didik dianjurkan aktif mencari referensi belajar dari berbagai sumber, termasuk internet untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Kondisi tersebut menunjukkan pengaruh media sosialisasi dalam pembentukan kepribadian peserta didik yaitu...
A. Memajukan sistem pendidikan
B. Mendorong belajar secara efektif
C. Memiliki daya pikir kritis dan kreatif dalam mengatasi masalah
D. Menciptakan kepribadian antisosial dalam diri anak
E. Melatih kedisiplinan dan rasa percaya diri peserta didik

6. Meskipun sibuk bekerja hingga sore, Agus selalu menyempatkan waktu untuk mengikuti kegiatan sosial dalam masyarakat. Ia selalu aktif dalam kegiatan sosial di desa seperti kegiatan gotong royong dan ronda malam. Ia sadar hidup di lingkungan masyarakat harus saling menolong. Proses sosialisasi yang dilakukan Agus dikategorikan dalam tahap generalized other karena...
A. Melakukan sesuatu yang dilakukan orang lain secara benar
B. Mampu memahami peran yang dilakukan dalam masyarakat
C. Menjalin komunikasi dan interaksi dengan orang-orang terdekat
D. Mempersiapkan diri untuk mengenal dunia melalui interaksi sosial
E. Menyesuaikan perilaku sesuai nilai dan norma sosial dalam masyarakat

7. Pak Murdanu mengajarkan wawasan kebangsaan kepada peserta didik. Beliau menekankan pentingnya wawasan kebangsaan bagi generasi penerus bangsa. Tujuan sosialisasi berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. Mendorong peserta didik belajar lebih tekun
B. Mempertahankan nilai-nilai tradisi budaya lokal
C. Meningkatkan partisipasi peserta didik berdemokrasi
D. Meningkatkan partisipasi peserta didik dalam bidang pemerintahan
E. Menanamkan nasionalisme dan integritas dalam diri peserta didik

8. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak mulai meniru perilaku orang dewasa
2) Anak mulai mengenal nilai dan norma sosial dalam masyarakat
3) Anak belum mampu memahami dirinya sendiri
4) Anak telah dewasa dan mengetahui kehidupan bermasyarakat
5) Anak belum mampu memahami orang-orang di sekitarnya
Tahap persiapan (preparatory stage) dalam proses sosialisasi ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 5)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 3), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

9. Kamelia merupakan fresh graduate dari universitas terkemuka di Sumatra. Berkat ketekunannya dalam belajar, ia lolos seleksi CPNS di instansi pemerintah. Dalam pekerjaannya, ia mampu belajar tentang nilai-nilai karakter seperti loyalitas, integritas, dan jiwa pelayanan terhadap masyarakat. Agen sosialisasi yang membentuk kepribadian Kamelia adalah...
A. Keluarga
B. Media massa
C. Teman sebaya
D. Lingkungan kerja
E. Lingkungan sekolah

10. Sosialisasi represif terkadang perlu dilakukan agar perilaku anggota masyarakat sesuai nilai dan norma sosial. Pernyataan yang menunjukkan bentuk sosialisasi tersebut adalah...
A. Pak Bambang mengajari peserta didik bela diri setiap hari Senin sebagai program ekstrakurikuler
B. Tasya memperoleh surat peringatan dari perusahaan karena sering terlambat masuk kerja
C. Pihak kepolisian melakukan sosialisasi mengenai bahaya pergaulan bebas di sekolah
D. Ketua RW menyosialisasikan peraturan baru terkait tamu yang menginap di rumah warga
E. Tarmi mengajari tetangga cara mendaur ulang sampah menjadi barang bernilai ekonomis

11. Febri terpilih menjadi ketua karang taruna melalui voting. Ia menjadi lebih bijak dan tegas dalam menyelesaikan permasalahan organisasi. Ia selalu memiliki ide cemerlang bagi perkembangan organisasi. Idenya mudah diterima oleh teman-temannya. Media sosialisasi tersebut bagi Febri berfungsi sebagai...
A. Ajang berkompetisi antarindividu dalam organisasi
B. Sarana mencari pemimpin melalui pemilihan yang adil
C. Sarana menciptakan kestabilan politik dalam masyarakat
D. Pembentukan kepribadian yang tanggap terhadap masalah kelompok
E. Sarana mencari kawan sebagai pelengkap kebutuhan persahabatan

12. Orang tua memiliki kewajiban mengajari anaknya tentang pentingnya tata tertib. Seorang anak yang diajari tata tertib sejak kecil cenderung menjadi anak yang disiplin dan taat hukum. Tujuan sosialisasi berdasarkan pernyataan tersebut adalah...
A. Memberikan keterampilan yang dibutuhkan dalam kehidupan
B. Mengajarkan individu beradaptasi dengan lingkungan pergaulan
C. Mencegah individu berperilaku menyimpang
D. Menciptakan integrasi dalam masyarakat
E. Menumbuhkan kesetiakawanan sosial

13. Perhatikan indikator berikut!
1) Anak mulai mengenal lingkungan hidupnya, orang tua, dan masyarakat sekitar
2) Anak dapat meniru perilaku orang dewasa secara lebih sempurna
Indikator tersebut menunjukkan pembentukan kepribadian pada tahap...
A. Generalized other
B. Preparatory stage
C. Significant others
D. Game stage
E. Play stage

14. Sebagai karyawan baru, Santi cepat beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Santi selalu menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Santi juga selalu masuk kerja tepat waktu. Ilustrasi tersebut menunjukkan proses sosialisasi pada tahap generalized other yaitu...
A. Mulai memahami dirinya dan meniru perilaku orang tua
B. Menyadari keberadaan dirinya dan orang-orang terdekat
C. Memahami kehidupan bermasyarakat dan mampu menjalankan peranannya
D. Meniru perilaku orang dewasa secara lebih sempurna
E. Mulai memahami peran dan peraturan yang berlaku

15. Mahasiswa KKN bekerja sama dengan pihak sekolah mengadakan sosialisasi tentang perlindungan anak dari pelecehan seksual. Pihak sekolah turut mengundang orang tua peserta didik dalam sosialisasi tersebut. Tujuan sosialisasi berdasarkan uraian tersebut adalah...
A. Mengarahkan orang tua dan guru untuk mencegah anak bergaul dengan teman di luar sekolah
B. Mengembangkan sikap waspada orang tua, guru, dan peserta didik terhadap pelecehan seksual
C. Membantu peserta didik untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan masyarakat
D. Membentuk kepribadian peserta didik yang aktif dan berani melawan kejahatan
E. Mengajarkan pendidikan karakter sesuai usia peserta didik

16. Toni berusia 3 tahun sedang bermain dengan teman-teman sebayanya. Ia berperan sebagai koki, sementara teman yang lain menjadi pembeli di restoran Toni. Pembentukan kepribadian Toni tersebut berlangsung pada tahap...
A. Game stage
B. Play stage
C. Generalized others
D. Significant others
E. Preparatory stage

17. Saat Reno akan melanjutkan kuliah, ayahnya memberi kesempatan kepada Reno untuk ikut menentukan jurusan yang diinginkannya sesuai cita-cita. Pola sosialisasi yang dilakukan ayah Reno berdasarkan ilustrasi tersebut adalah...
A. Partisipatoris
B. Demokrasi
C. Autokrasi
D. Represif
E. Formal

18. Zian dan teman-teman sebayanya bermain sepak bola di halaman rumah. Dalam permainan tersebut terdapat dua tim sepak bola. Semua pihak menaati aturan dan bermain tanpa ada kecurangan. Berdasarkan ilustrasi tersebut, peran teman sebaya dalam pembentukan kepribadian adalah...
A. Mengembangkan pola berpikir sistematis
B. Melatih anak agar mandiri dan berdisiplin tinggi
C. Melatih peran-peran sosial di lingkungan keluarga
D. Menumbuhkan solidaritas, empati, dan sportivitas
E. Menambah wawasan pengetahuan berpikir sistematis

19. Sepulang sekolah, Arman bekerja menjual koran di persimpangan lampu merah. Tindakan yang dilakukan Arman untuk membantu ibunya mencari nafkah setelah ayahnya meninggal dunia. Dilihat dari tahap perkembangan diri, proses sosialisasi yang sudah dialami Arman termasuk tahap generalized others, yaitu...
A. Menempatkan diri pada posisi orang lain dalam masyarakat
B. Mampu melakukan apa yang dilakukan oleh orang lain
C. Menyesuaikan diri dengan nilai dan norma yang berlaku
D. Memiliki hubungan interaksi hanya dengan lingkungan terdekat
E. Mempersiapkan diri dalam mengenal dunia sosialnya melalui interaksi

20. Ketika anak mulai bersekolah, ia mendapat pendidikan tambahan tentang bagaimana cara bergaul dengan teman dan berinteraksi dengan guru di sekolah. Media sosialisasi yang berperan membentuk kepribadian pada contoh tersebut adalah…
A. Keluarga inti
B. Sekolah
C. Teman bermain
D. Tempat bekerja
E. Media massa

21. Seorang pegawai yang berasal dari desa, di tempat kerjanya menunjukkan sikap dan perilaku yang berbeda dari teman-temannya yang berasal dari kota, seperti cara berbicara, berpakaian, cara mengungkapkan perasaan dan sebagainya. Proses sosialisasi pada contoh di atas menunjukkan bahwa perkembangan kepribadian pegawai tersebut dipengaruhi oleh…
A. Lingkungan alam
B. Warisan biologis
C. Lingkungan budaya
D. Pengalaman unik
E. Lingkungan kerja

22. Dinda tumbuh menjadi gadis yang memiliki kepribadian sabar, sopan dan menyayangi sesama serta hormat kepada yang lebih tua sebagaimana yang dilatihkan kedua orang tuanya melalui keteladanan. Media atau agen sosialisasi yang berperan dalam membentuk kepribadian Dinda adalah…
A. Keluarga
B. Sekolah
C. Media massa
D. Lingkungan kerja
E. Kelompok persahabatan

23. Rino selalu mencium tangan ayah dan ibunya sebelum dan sesudah bepergian. Rino juga hormat kepada orang lain yang lebih tua. Contoh tersebut merupakan bagian dari tujuan sosialisasi yaitu…
A. Menerapkan nilai dan norma yang diharapkan masyarakat
B. Menjaga kewibawaan keluarga sebagai pembentuk kepribadian
C. Membentuk kepribadian anak sesuai dengan harapan orang tua
D. Menciptakan generasi muda yang selalu menghormati orang tua
E. Menjadikan anak patuh pada orang tua dan orang yang lebih tua

24. Masyarakat paternalistis cenderung memosisikan laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan. Hal ini berpengaruh pada kepribadian dalam masyarakat di mana laki-laki berkewajiban mencukupi kebutuhan karena faktor…
A. Pengalaman kelompok
B. Pengalaman unik
C. Latar kebudayaan
D. Warisan biologis
E. Lingkungan fisik

25. Dalam suatu masyarakat, para orang tua merefleksikan kasih sayangnya kepada anak mereka dengan cara mengedepankan kebersamaan sehingga anak mereka memiliki kepribadian yang tenang, suka bekerja sama, dan tidak suka berkelahi. Contoh tersebut menjelaskan proses pembentukan kepribadian karena pengaruh sosialisasi dengan…
A. Lingkungan sosial
B. Struktur sosial
C. Sifat dasar
D. Tingkat pendidikan
E. Lingkungan fisik


Ket. klik warna biru untuk link

Download
Kunci Jawaban 

Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Sosialisasi dan pembentukan kepribadian Klik di Sini 
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini 
4. Materi Pengayaan Klik di Sini

Baca Juga 
Materi Bab 3. Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.1 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.2 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

3. Materi Sosiologi Kelas X Bab 3.3 Ragam Gejala Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal-soal Standar Ujian Nasional. Sosialisasi dan Pembentukan Kepribadian"