Soal-soal Standar Ujian Nasional. Prosedur atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial

Pilihlah Jawaban yang Benar!
1. Perhatikan bagian-bagian dalam rancangan penelitian berikut!
1) Penulisan rumusan masalah
2) Penulisan tujuan penelitian
3) Penulisan metode/jenis penelitian
4) Membuat topik penelitian
5) Penulisan judul penelitian
Urutan membuat rancangan penelitian yang tepat ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), 3), 4), dan 5)
B. 2), 3), 4), 5), dan 1)
C. 3), 4), 5), 1), dan 2)
D. 4), 5), 1), 2), dan 3)
E. 5), 1), 2), 3), dan 4)

2. Perhatikan ilustrasi berikut!
“Seto tertarik melakukan penelitian di lingkungan sekolahnya. Ia berencana menjadikan teman-teman di sekolahnya, sebagai objek penelitian. Kemudian, Seto melakukan observasi awal. Berdasarkan observasi tersebut, ia mengetahui hampir setiap peserta didik memiliki teman sepermainan atau teman berkumpul di sekolah. Kelompok-kelompok tersebut terdiri atas 3-4 orang. Berdasarkan hasil pengamatan awal tersebut, Seto mendapatkan ide judul penelitian. Ia ingin meneliti tentang pengaruh teman sepermainan terhadap tingkat prestasi peserta didik SMA Sinar Harapan”
Berdasarkan ilustrasi pada soal, variabel terikat judul penelitian Seto adalah...
A. Tingkat prestasi
B. Jenis permainan
C. Teman sepermainan
D. Peserta didik SMA Sinar Harapan
E. Prestasi peserta didik SMA Sinar Harapan

3. Made membuat proposal penelitian dengan judul “Pengaruh Durasi Menyaksikan Tayangan Televisi terhadap Tingkat Bersosialisasi Peserta Didik di Lingkungan Sekitar”. Akan tetapi, Made masih bingung menentukan rumusan masalah yang tepat. Rumusan masalah yang sesuai dengan judul penelitian tersebut adalah...
A. Apakah peserta didik mengetahui durasi menyaksikan tayangan televisi memengaruhi tingkat sosialisasi di lingkungan sekitar?
B. Adakah pengaruh durasi menyaksikan tayangan televisi terhadap tingkat sosialisasi peserta didik di lingkungan sekitar?
C. Durasi menyaksikan tayangan televisi memiliki pengaruh terhadap tingkat bersosialisasi peserta didik
D. Mengapa durasi menyaksikan tayangan televisi memengaruhi tingkat bersosialisasi peserta didik?
E. Apakah durasi menyaksikan tayangan televisi peserta didik meningkat saat hari libur?

4. Ardhan ingin melakukan penelitian sosial dengan topik gaya hidup ramah lingkungan. Penelitian sosial tersebut akan digunakan untuk memenuhi tugas sekolah. Agar topik penelitian tersebut dapat dijangkau, perlu ditentukan variabel yang tepat dan jelas. Adapun objek penelitian tersebut ialah...
A. Masyarakat di negara lain
B. Peserta didik di sekolahnya
C. Penduduk terpencil dan pinggiran
D. Masyarakat yang berada di kota-kota besar
E. Pihak yang menerapkan gaya hidup ramah lingkungan

5. Guru Sosiologi menugasi peserta didik menentukan topik penelitian. Adapun alasan pemilihan topik tersebut sebagai berikut.
1) Surti memilih topik tentang fenomena hoax karena bersifat kekinian
2) Hatta memilih topik tentang kedisiplinan peserta didik karena topik tersebut pilihan temannya
3) Handa memilih topik tentang hobi belanja online di kalangan remaja karena ia tertarik dengan topik tersebut
4) Ipung memilih topik tentang fenomena tawuran pelajar karena ingin mendalaminya
5) Joko tertarik meneliti misteri penampakan dan kerasukan makhluk halus karena sering melihat video di youtube
Topik penelitian yang memenuhi kriteria unsur-unsur topik penelitian yang baik ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 3), dan 4)
C. 2), 3), dan 4)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

6. Andi menetapkan judul penelitiannya yaitu “Pengaruh Perkembangan Minimarket Waralaba terhadap Minat Remaja Membeli di Toko Kelontong”. Berdasarkan judul tersebut, rumusan masalah yang sesuai adalah...
A. Bagaimana pengaruh perkembangan minimarket waralaba terhadap minat remaja membeli di toko kelontong?
B. Apa pengaruh perkembangan minimarket waralaba terhadap perkembangan toko kelontong dalam masyarakat?
C. Apa yang menjadi latar belakang remaja memilih membeli di minimarket waralaba daripada di toko kelontong?
D. Adakah pengaruh perkembangan minimarket waralaba terhadap minat remaja membeli di toko kelontong?
E. Apakah ada perbedaan antara remaja membeli di minimarket waralaba dan remaja yang membeli di toko kelontong?

7. Sebuah penerbit ingin mengetahui tanggapan konsumen terhadap buku-buku terbitannya. Penerbit melakukan survei secara online kepada para konsumen. Dalam survei tersebut terdapat ragam pertanyaan yang berkisar tentang masukan dan tanggapan pembaca terhadap buku. Berdasarkan sumbernya, data yang dikumpulkan pihak penerbit termasuk jenis data...
A. Opini
B. Sikap
C. Motif
D. Primer
E. Sekunder

8. Irwan mendapatkan tugas menentukan variabel bebas dan variabel tergantung dari judul penelitian “Implementasi Pembelajaran Aktif dan Menyenangkan pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas XI di SMA 6 Batukaca”. Irwan telah menentukan variabel bebas, tetapi kesulitan menentukan variabel terikatnya. Berdasarkan judul penelitian tersebut variabel terikatnya ialah...
A. Nilai ulangan sosiologi peserta didik
B. Implementasi pembelajaran aktif
C. Mata pelajaran sosiologi
D. Tanggapan peserta didik
E. Peserta didik kelas XI

9. Perhatikan bagian proposal penelitian berikut!
“Saiful mengajukan proposal penelitian dengan judul “Perubahan Sosial melalui Komunitas Membaca Swadaya Kompleks Sekarsari”. Saiful mengambil objek penelitian di lingkungannya sendiri. Rumusan masalah penelitiannya ialah bagaimana komunitas membaca mendorong perubahan sosial di kompleks Sekarsari? Untuk memperoleh jawaban Saiful menyebarkan angket kepada anggota komunitas membaca”
Proposal penelitian Saiful tersebut belum dinyatakan layak dan perlu dilakukan revisi. Faktor yang menjadi dasar perevisian proposal tersebut ialah...
A. Teknik pengumpulan data tidak sesuai
B. Topik penelitian tidak dapat dijangkau
C. Rumusan masalah tidak sesuai tema
D. Topik yang diajukan kurang rasional
E. Variabel penelitian tidak ada

10. Data fakta merupakan bentuk data penelitian berdasarkan jenisnya. Data penelitian yang dapat dikategorikan sebagai data fakta ialah...
A. Latar belakang unjuk rasa masyarakat menuntut janji pemerintah terkait penanganan pasca bencana
B. Tingkat pemahaman masyarakat terhadap cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa
C. Respons masyarakat terkait bantuan bencana alam yang terlambat datang
D. Jumlah rumah penduduk yang terkena dampak letusan gunung api
E. Kepercayaan warga terhadap mitos mengenai penghuni gunung api

11. Bayu menyebarkan angket kepada responden yang sudah ditetapkan. Selanjutnya, angket yang diisi oleh responden dikumpulkan. Berdasarkan deskripsi tersebut, angket dapat dikategorikan sebagai data primer karena...
A. Digunakan untuk mendukung hasil penelitian
B. Tidak perlu diolah terlebih dahulu
C. Diperoleh langsung dari lapangan
D. Tersedia sejak awal penelitian
E. Diperoleh secara serentak

12. Peserta didik mendapat tugas menentukan variabel bebas dari judul penelitian “Pengaruh Jenis Kendaraan terhadap Tingkat Kepopuleran Peserta Didik di Sekolah”. Adapun variabel bebas yang sesuai dengan judul penelitian tersebut adalah...
A. Jenis sekolah
B. Jenis kendaraan
C. Tingkat kepopuleran
D. Jenjang kelas peserta didik
E. Jumlah kendaraan yang dimiliki

13. Dalam mengumpulkan data penelitian terkait suatu fenomena sosial, peneliti perlu mencari data yang memuat tanggapan responden terhadap kasus/fenomena sosial yang bersangkutan. Data ini bermanfaat untuk mengukur kedalaman pemahaman informan terhadap kasus/fenomena yang diteliti. Jenis data tersebut disebut sebagai data...
A. Fakta
B. Sikap
C. Motif
D. Perilaku
E. Pengetahuan

14. Supri tertarik mendeskripsikan gejala sosial yang terjadi di kompleks Batukarang. Ia mengamati fenomena belanja online dan perubahan gaya hidup remaja di kompleks Batukarang. Mayoritas remaja yang dijadikan sampel penelitian adalah peserta didik SMAN 3 Batukarang. Judul penelitian yang sesuai dengan topik tersebut adalah...
A. Pengaruh Belanja Online terhadap Gaya Hidup Pelajar SMAN 3 Batukarang
B. Pengaruh Gaya Hidup terhadap Belanja Online Pelajar SMAN 3 Batukarang
C. Peran SMAN 3 Batukarang terhadap Perubahan Gaya Hidup Pelajar
D. Belanja Online dan Gaya Hidup Remaja di Kompleks Batukarang
E. Motivasi Pelajar SMAN 3 Batukarang Berbelanja Online

15. Seorang peneliti melakukan penelitian tentang pengaruh program pemberdayaan pertanian organik terhadap penerapan pertanian organik oleh petani Umbulsari. Rumusan pertanyaan yang tepat ditunjukkan oleh pilihan...
A. Bagaimana tanggapan petani Dusun Umbulsari terhadap program pertanian organik?
B. Bagaimana proses pemberdayaan pertanian organik yang dilaksanakan di Dusun Umbulsari?
C. Apakah ada perbedaan antara pertanian organik dan pertanian anorganik di Dusun Umbulsari?
D. Apakah ada perbedaan kemampuan petani Umbulsari menyerap materi program pemberdayaan?
E. Apakah pengaruh pemberdayaan pertanian organik terhadap penerapan pertanian organik oleh petani Umbulsari?

16. Seorang peneliti mengumpulkan informasi terkait gaya hidup ramah lingkungan dalam masyarakat perkotaan. Upaya tepat untuk memperoleh data sekunder berdasarkan objek penelitian tersebut adalah...
A. Mencari referensi jurnal terkait sejarah gaya hidup ramah lingkungan
B. Melakukan wawancara terhadap masyarakat yang mendaur ulang sampah domestik
C. Mendokumentasikan kegiatan warga dalam mempraktikkan gaya hidup ramah lingkungan
D. Mengobservasi warga masyarakat yang menerapkan kegiatan ramah lingkungan
E. Mengikuti kegiatan yang diselenggarakan warga terkait pengolahan sampah organik

17. Sembara melakukan penelitian tentang petani garam tradisional. Ia mengumpulkan data mengenai jumlah petani garam yang tersisa dan latar belakang menjadi petani garam. Data yang dikumpulkan Sembara tergolong sebagai data...
A. Pengetahuan
B. Perilaku
C. Motif
D. Fakta
E. Sikap

18. Dalam menentukan topik penelitian, peneliti perlu mempertimbangkan minat pribadi terhadap topik tersebut. Dampak jika peneliti tidak mempertimbangkan faktor tersebut ialah...
A. Muncul rasa malas dalam menyelesaikan penelitian
B. Menyampaikan informasi yang tidak memiliki nilai guna
C. Mengalami kesulitan saat mengumpulkan data
D. Menyebabkan objek yang diteliti tidak jelas
E. Mengalami kesulitan mencari narasumber

19. Perhatikan rumusan masalah berikut!
“Apakah ada perbedaan daya serap materi pembelajaran antara peserta didik yang gemar membaca dan peserta didik yang tidak gemar membaca di SMA 10 Bukitdatar?”
Judul penelitian yang sesuai dipasangkan dengan rumusan masalah tersebut adalah...
A. Daya Serap Pembelajaran antara Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca di SMA 10 Bukitdatar
B. Implementasi Materi Pembelajaran pada Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca
C. Pembinaan Peserta Didik yang Gemar Membaca dan Peserta Didik yang tidak Gemar Membaca dan Peserta Didik yang Tidak Gemar Membaca di SMA 10 Bukitdatar
D. Peran Guru Kelas dalam Mendorong Peserta Didik dan Meningkatkan Daya Serap Materi Pelajaran di SMA 10 Bukitdatar
E. Pengaruh Gemar Membaca Peserta Didik terhadap Daya Serap Materi Pelajaran di SMA 10 Bukitdatar

20. Sana Ingin meneliti peran perempuan dalam perekonomian rumah tangga di Desa Ajangpulu, Sibulue, Bone, Sulawesi Selatan. Variabel bebas dari topik yang dipilih Sanna adalah...
A. Perekonomian rumah tangga
B. Peningkatan ekonomi
C. Peran perempuan
D. Desa Ajangpulu
E. Keluarga

21. Data motif merupakan salah satu bentuk data penelitian berdasarkan jenisnya. Data penelitian yang dikategorikan sebagai data motif adalah...
A. Tingkat pemahaman masyarakat terhadap penanganan bencana gempa
B. Respons masyarakat menolak kenaikan harga kebutuhan pokok
C. Batas geografis suatu daerah sebagai lokasi penelitian
D. Alasan pekerja melakukan mogok kerja
E. Kepercayaan masyarakat terhadap mitos

22. Perhatikan indikator berikut!
1) Disusun dalam bentuk kalimat tanya
2) Mencerminkan dasar judul penelitian
3) Dijabarkan dalam bentuk kalimat deskriptif
4) Menjadi dasar pembuatan hipotesis
5) Memuat teori yang digunakan dalam penelitian
Indikator penyusunan rumusan masalah yang baik ditunjukkan oleh angka...
A. 1), 2), dan 3)
B. 1), 2), dan 4)
C. 1), 3), dan 5)
D. 2), 4), dan 5)
E. 3), 4), dan 5)

23. Saat ini remaja gemar menggunakan instagram. Sebagian besar pengguna aplikasi ini ialah remaja SMA. Melalui aplikasi ini, para remaja memamerkan hasil fotonya di dunia maya. Bertambahnya aplikasi media sosial di gawai berpotensi memengaruhi perubahan pola interaksi remaja. Banyak remaja sibuk dengan gawai daripada berinteraksi dengan sesama. Rumusan masalah penelitian kualitatif berdasarkan topik tersebut adalah...
A. Apakah aplikasi instagram berdampak positif bagi masyarakat?
B. Mengapa aplikasi instagram bisa dengan mudah diakses banyak orang?
C. Apakah aplikasi instagram bisa menjadi media aktualisasi diri bagi remaja?
D. Bagaimana dampak aplikasi instagram terhadap perubahan pola interaksi remaja?
E. Apakah ada perbedaan persentase pengguna aplikasi instagram di kalangan pelajar dan umum?

24. Dalam tugas proyek penelitian, Fanni mengkaji masalah keterlibatan warga sekolah dalam menciptakan suasana belajar yang kondusif. Fanni mewawancarai beberapa peserta didik kelas XI, kelas XII, dan guru-guru kelas. Setelah dilakukan pengolahan data, Fanni memperoleh kebenaran bahwa keterlibatan peserta didik dalam kegiatan pembelajaran memengaruhi hasil belajar. Hasil penelitiannya tersebut dapat digunakan oleh sekolah untuk meningkatkan efektivitas kegiatan pembelajaran. Pemilihan topik penelitian tersebut sangat tepat karena mempertimbangkan persyaratan menentukan topik penelitian yaitu...
A. Bermanfaat nyata bagi kemajuan pendidikan
B. Biayanya murah sehingga sangat ekonomis
C. Dapat diteliti dengan instrumen sederhana
D. Bukan duplikat dari laporan penelitian lain
E. Menarik minat menyelesaikan penelitian

25. Toro dan Nia melakukan penelitian sosial dengan objek penelitian kehidupan para pemulung tempat pembuangan akhir (TPA) Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat. Toro dan Nia melakukan observasi awal guna melihat realitas kondisi TPA Bantar Gebang. Toro dan Nia ingin meneliti menggunakan pendekatan kualitatif.
Rumusan permasalahan pada penelitian tersebut adalah...
A. Dari mana para pemulung Bantar Gebang berasal?
B. Berapa jumlah pemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
C. Barang apakah yang menjadi target para pemulung di Bantar Gebang?
D. Bagaimana kehidupan para pemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?
E. Bagaimanakah hubungan antarpemulung Bantar Gebang, Bekasi, Jawa Barat?


Ket. klik warna biru untuk link

Download
Kunci Jawaban 

Referensi Lainnya
1. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Prosedur atau Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
2. PPT Materi Ujian Nasional Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-Soal Serupa Klik di Sini
4. Soal-Soal Standar Ujian Nasional. Laporan Hasil Penelitian Klik di Sini  
5. PPT Soal Standar Ujian Nasional dan Pembahasan Kompetensi Laporan Hasil Penelitian Klik di Sini
6. Materi Pengayaan Klik di Sini

Baca Juga 
Materi Bab 4. Rancangan Penelitian Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.2 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)


Materi Tambahan
Materi Ujian Nasional Kompetensi Prosedur/Langkah-Langkah Penelitian Sosial
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal-soal Standar Ujian Nasional. Prosedur atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial"