Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial [Kurikulum Revisi] 1

A. Pilihan Ganda
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat

1. Perbedaan profesi seperti dokter, perawat, dan laboran diharapkan tidak mempengaruhi hubungan sosial antarindividu. Ilustrasi ini menunjukkan adanya struktur sosial diferensiasi karena...
a. Setiap pekerjaan memiliki peran yang berbeda
b. Masyarakat membutuhkan adanya perbedaan
c. Penghargaan terhadap sesuatu yang lebih tinggi
d. Setiap pekerjaan memiliki fungsi bagi masyarakat
e. Sulit untuk membuat stratifikasi horizontal

2. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Hadi berbagi kenikmatan kue lebaran dengan tetangga nonmuslim
2) Ringgo mengikuti kursus tari Jawa meskipun ia berasal dari Minangkabau
3) Demonstrasi buruh menuntut upah naik karena bahan pokok semakin mahal
4) Yani berasal dari Jawa membeli kue di toko kelontong milik orang Cina
5) Siswanto bekerja sebagai tukang cuci motor dan mobil di pasar tradisional
Yang termasuk perilaku yang sesuai dengan realitas majemuk adalah...
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

3. Perhatikan contoh struktur sosial berikut.
1) Musyawarah Guru Nasional
2) Perkumpulan Remaja Ceria
3) Paguyuban Masyarakat Minangkabau
4) Kerukunan Keluarga Sumatera Utara
5) Ikatan Mahasiswa Lampung
Yang merupakan struktur sosial majemuk konsolidasi ditunjukkan oleh nomor...
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

4. Masyarakat pedalaman di Indonesia seperti suku Badui, suku Anak Dalam, dan lain-lain umumnya bersifat tertutup terhadap masyarakat di luar kelompoknya. Mereka berbeda dengan suku lain dalam budaya sehingga membentuk struktur majemuk. Faktor penyebab terjadinya kondisi tersebut adalah...
a. Perbedaan adat istiadat karena isolasi alam
b. Pemimpin tidak tahu terhadap hal yang asing
c. Letak geografis terletak di daerah dataran rendah
d. Kekuasaan yang bersumber pada kewibawaan
e. Letak geografis terletak di daerah dataran tinggi

5. Perhatikan bagan berikut

Pada gambar struktur majemuk di atas berpotensi terjadinya...
a. Interseksi antaretnis
b. Konsolidasi berdasarkan identitas
c. Asimilasi pekerjaan
d. Akulturasi agama
e. Adaptasi perbedaan

6. Cecep beragama Islam, beretnik Sunda, sarjana Psikologi dari Universitas Bangun Bangsa, dan bekerja sebagai konsultan. Sedangkan Made beragama Hindu dan berasal dari Bali. Made merupakan sarjana hukum lulusan universitas yang sama, dan bekerja sebagai pengacara. Mereka menjadi pengurus himpunan Alumni Universitas Bangun Bangsa. Struktur sosial pada contoh tersebut termasuk bentuk...
a. Stratifikasi
b. Kontravensi
c. Intervensi
d. Interseksi
e. Konsolidasi

7. Adanya pengakuan Reog Ponorogo oleh negara Malaysia mendorong pemerintah Indonesia bersama masyarakat dari berbagai kalangan bergabung mempertahankan keaslian budaya. Faktor pendorong terjadinya integrasi sosial sesuai dengan ilustrasi adalah...
a. Difusi unsur-unsur budaya ke negara Indonesia
b. Adanya musuh bersama dari luar dilihat sebagai tantangan
c. Perbedaan asal usul budaya Indonesia dengan Malaysia
d. Revolusi budaya sebagai program prioritas pemerintah
e. Hubungan bilateral kedua negara semakin erat

8. Struktur majemuk masyarakat di Sumatera Utara berpengaruh terhadap pola hubungan antarkelompok sosial. Untuk menjaga solidaritas internal maka masing-masing pihak melakukan upaya penguatan ke dalam kelompoknya. Contoh tersebut termasuk bentuk integrasi...
a. Normatif
b. Fungsional
c. Koersif
d. Asimilasi
e. Adaptasi

9. Suatu masyarakat berada kesatuan yang kokoh, di mana seluruh anggota masyarakat dapat menjalin kerja sama yang intensif. Ini merupakan integrasi sosial yang disebut...
a. Konformitas
b. Kedamaian
c. Kohesi
d. Kompromi
e. Harmoni

10. Perhatikan bagan stratifikasi sosial berikut. 

Latar belakang terbentuknya stratifikasi sosial tersebut adalah...
a. Pendidikan
b. Kekuasaan
c. Keturunan
d. Kekayaan
e. Kebudayaan

11. Perhatikan kehidupan masyarakat sebagai berikut.
1) Terdapat pola ketergantungan dan patrimonialistik
2) Pola hubungan antarkelompok bersifat diskriminatif
3) Masyarakatnya cenderung memiliki stratifikasi sosial tertutup
Ciri-ciri stratifikasi sosial di atas ditemukan pada masyarakat...
a. Industrial
b. Feodal
c. Perkotaan
d. Pertanian
e. Pedesaan

12. Perhatikan struktur sosial majemuk berikut.

Gambar tersebut menunjukkan struktur sosial majemuk...
a. Interseksi antaretnis dan tempat tinggal
b. Interseksi antaretnis dan pekerjaan
c. Konsolidasi antaretnis dan pekerjaan
d. Konsolidasi antaretnis dan pendidikan
e. Konsolidasi antaretnis dan tempat tinggal

13. Perhatikan gambar di bawah ini.

Berikut ini yang merupakan contoh bentuk pelapisan sosial tersebut adalah...
a. Penggolongan masyarakat Indonesia pada masa kolonial
b. Siswa SMA yang rajin belajar diterima di PTN ternama
c. Anggota kasta Brahma menikah dengan kasta di bawahnya
d. Seorang bekerja keras agar dapat menduduki strata teratas
e. Lurah diangkat menjadi camat setelah tamat pendidikan

14. Seorang pelajar yang berprestasi di sekolahnya mengikuti pemilihan siswa teladan di tingkat kabupaten. Hasilnya pelajar tersebut terpilih sebagai pemenang dan berhak mewakili daerahnya ke tingkat provinsi.
Cara memperoleh status pada contoh tersebut adalah melalui...
a. Keberuntungan yang diperoleh
b. Pemberian kepercayaan dari sekolah
c. Kemampuan dalam berprestasi
d. Pola interaksi sosial yang dilakukan
e. Kesempatan dalam berorganisasi

15. Tujuan sesorang melakukan mobilitas adalah keinginan untuk hidup lebih maju. Deskripsi ini menunjukkan adanya konsekuensi positif terjadinya mobilitas sosial, yaitu sikap...
a. Pesimis
b. Optimis
c. Prejudice
d. Stereotip
e. Hedonis

16. Perhatikan beberapa gejala sosial berikut.
1) Keinginan melihat daerah lain
2) Ekspansi teritorial dan gerak populasi
3) Kelas-kelas sosial yang berbeda
4) Perbedaan rasial dan agama
5) Perbedaan jenis kelamin
Dari daftar di atas yang merupakan faktor pendorong terjadinya mobilitas sosial adalah...
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (4)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

17. Perhatikan beberapa gejala sosial berikut.
1) Sifat tradisional yang kuat
2) Sifat terbuka terhadap inovasi
3) Diskriminasi terhadap suku tertentu
4) Terhapusnya sistem kasta di masyarakat
5) Menerima keadaan sebagai kodrat yang tepat
Faktor yang menghambat mobilitas sosial vertikal adalah...
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

18. Perhatikan skema mobilitas sosial berikut ini.

Berdasarkan tingkat pendidikannya skema tersebut menunjukkan bentuk mobilitas sosial...
a. Horizontal antargenerasi
b. Vertikal intragenerasi naik
c. Vertikal antargenerasi naik
d. Vertikal intragenerasi turun
e. Vertikal antargenerasi turun

19. Perhatikan bagan stratifikasi berikut.

Contoh stratifikasi sosial yang sesuai dengan bagan tersebut adalah...
a. Kasta brahmana mempunyai kedudukan terhormat dan dihargai masyarakat Bali
b. Seseorang berusaha menjadi orang kaya dengan bekerja keras dan menuntut ilmu
c. Masyarakat feodal yang menempatkan diri sebagai kelompok yang berbeda
d. Gelar bangsawan diperoleh seorang anak dari orangtuanya secara otomatis
e. Kedudukan sosial atas karena melaksanakan hak dan kewajibannya

20. Perhatikan bagan berikut

Dari bagan tersebut disimpulkan bahwa terjadi mobilitas sosial...
a. Antargenerasi naik
b. Intragenerasi naik
c. Antargenerasi turun
d. Intragenerasi turun
e. Antargenerasi horizontal

21. Beberapa ciri kehidupan sosial.
1) Menghargai keragaman bahasa yang berbeda
2) Pencitraan identitas berdasarkan ciri fisik suku bangsanya
3) Menghindari perilaku etnosentris terhadap suku bangsa lain
4) Identitas kelompok berkaitan dengan kualitas kebudayaan sosial
5) Bergotong royong dengan kelompok yang berbeda
Yang merupakan ciri masyarakat multikultural adalah...
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

22. Perhatikan realitas sosial budaya berikut.
1) Promosi budaya salah satu suku bangsa sebagai bagian dari kekayaan budaya Indonesia
2) Melakukan konsolidasi berupa rembug budaya menanggulangi perpecahan antarsuku
3) Menerima budaya suku bangsa tertentu sebagai keanekaragaman budaya di Indonesia
4) Memberikan usulan terhadap budaya suku lain agar lebih modern dan maju
5) Menerima suku lain untuk menyempurnakan budaya suku sendiri
Yang termasuk manfaat masyarakat multikultural terhadap peningkatan integritas bangsa ditunjukkan pada nomor...
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)

23. Agar setiap individu selalu bersama mewujudkan masyarakat yang harmonis dalam sebuah negara, maka perlu ditanamkan dan dikembangkan rasa patriotisme dan nasionalisme. Upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut adalah...
a. Bekerja keras dan disiplin dalam waktu
b. Ikut membela negara dari segala ancaman
c. Menjunjung tinggi bahasa persatuan
d. Memupuk kesadaran berpolitik masyarakat
e. Taat terhadap peraturan yang berlaku

24. Sebuah keluarga harmonis di saat hari libur sering menonton televisi bersama anak-anaknya. Kedua orangtuanya menggunakan bahasa daerah masing-masing yang dapat dimengerti oleh seluruh anggota keluarga. Dari contoh tersebut menunjukkan faktor pendorong terjadinya integrasi sosial adalah...
a. Kesempatan yang seimbang dalam bidang ekonomi
b. Adanya perkawinan campuran orang tua
c. Adanya musuh bersama dari luar masyarakat
d. Sikap terbuka dari golongan yang mendominasi
e. Persamaan dalam unsur-unsur kebudayaan

25. Perhatikan pernyataan berikut.
1) Mementingkan kelompok ras, etnis, atau kelompok agamanya sendiri dalam menjalankan tugas sehari-hari
2) Melaksanakan pembauran, akulturasi budaya, asimilasi, dan integrasi
3) Menonjolkan etnosentrisme dan nepotisme
4) Mengembangkan konsensus bersama untuk terciptanya integrasi sosial
5) Menumbuhkan sikap empati dan toleransi dalam keanekaragaman kelompok sosial
Pernyataan di atas yang mendukung terciptanya kehidupan sosial antarkelompok yang harmonis adalah...
a. (1), (2), dan (3)
b. (1), (2), dan (4)
c. (1), (3), dan (5)
d. (2), (4), dan (5)
e. (3), (4), dan (5)


Ket. klik warna biru untuk link

Download
Kunci Jawaban
Soal Uraian

Lihat Juga
Materi Sosiologi
Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)


Soal-Soal Pendalaman 
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 1
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 1
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial [Kurikulum Revisi] 1"