Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester Genap [Kurikulum Revisi] 1

A. Pilihlah jawaban yang paling tepat!
1. Kebijakan multikulturalisme diterapkan untuk kali pertama tahun 1971 di...
a. Inggris
b. Jerman
c. Kanada
d. Australia
e. Amerika Serikat

2. Australia mendeklarasikan diri sebagai multikultural pada tahun 1973 sebagai tanggapan terhadap...
a. Krisis ekonomi
b. Maraknya konflik dan kekerasan
c. Tuntutan pemerataan pembangunan
d. Kebutuhan manusia yang semakin kompleks
e. Meningkatnya jumlah pendatang dari negara-negara asia

3. Multikulturalisme adalah kebijakan kebudayaan yang menekankan penerimaan terhadap realitas keagamaan, pluralitas, dan keberagaman budaya yang terdapat dalam kehidupan masyarakat. Ini dikemukakan oleh...
a. Rifai Harahap
b. H.A.R. Tilaar
c. Elly M. Setiadi
d. Lawrence Blum
e. Azyumardi Azra

4. Masyarakat di mana berbagai kelompok kultural menjalankan hidup secara otonom dan terlibat dalam interaksi seminimal mungkin satu sama lain merupakan acuan dari...
a. Multikulturalisme kosmopolitan
b. Multikulturalisme akomodatif
c. Multikulturalisme isolasionis
d. Multikulturalisme otonomis
e. Multikulturalisme kritikal

5. Teori motivasional memandang prasangka sebagai...
a. Citra yang kaku mengenai suatu kelompok
b. Sesuatu yang terbentuk melalui proses belajar
c. Sesuatu yang dapat memenuhi kebutuhan individu
d. Nilai-nilai yang mendukung proses sosial dalam masyarakat
e. Kategorisasi orang atau anggota kelompok lain sebagai kelompok luar

6. Diskriminasi dapat mewujud dalam bentuk tokenisme, yaitu...
a. Menjaga jarak
b. Membatasi pergaulan
c. Menolak untuk menolong orang lain
d. Minimnya perilaku positif terhadap pihak minoritas
e. Membenarkan diskriminasi terhadap anggota kelompok ras lain

7. Pendidikan multikultural dapat diartikan sebagai pendidikan mengenai keragaman kebudayaan. Hal ini dikemukakan oleh...
a. James Banks
b. Soerjono Soekanto
c. Paulus Wirutomo
d. Andersen dan Cusher
e. Muhaemin el Ma’hady

8. Maddux dan Galinsky menemukan bahwa stimulus atau lingkungan multikultural memberi peluang bagi berkembangnya...
a. Potensi konflik
b. Perilaku kekerasan
c. Sikap diskriminatif
d. kepribadian multikultural
e. kesulitan menerima perbedaan pendapat

9. konflik dapat diartikan sebagai perjuangan atas nilai-nilai atau klaim status, kekuasaan, dan sumber daya langka lainnya dari kelompok yang berkonflik tidak hanya untuk mendapatkan nilai-nilai yang diinginkan, tetapi juga untuk memengaruhi, mengubah, atau melukai saingannya. Ini dikemukakan oleh...
a. J. Dubrin
b. Siti Norma
c. Lewis Coser
d. P.W. Cummings
e. Soerjono Soekanto

10. Setelah sekian lama menghadapi tuduhan korupsi yang memicu demonstrasi dan pemogokan besar-besaran hingga nyaris melumpuhkan pelayanan umum di penjuru negeri, Perdana Menteri beserta seluruh jajaran kabinet akhirnya mengumumkan pengunduran diri. Pemilu pun dipercepat untuk memberi kepastian bagi masyarakat di negara XY. Dari peristiwa tersebut, tampak bahwa konflik dapat berdampak positif yaitu...
a. Integrasi kelompok dalam (in-group) bertambah tinggi
b. Perubahan sebagian personel di dalam posisi dominasi
c. Digabungkannya kepentingan-kepentingan kelas subordinat dalam kebijaksanaan pihak yang berkuasa
d. Perubahan keseluruhan personel di dalam posisi dominasi
e. Munculnya dominasi kelompok pemenang atas kelompok yang kalah

11. Sebelum terjadinya konflik, seluruh elemen masyarakat dapat hidup berdampingan secara damai. Akan tetapi, mereka hidup dalam suasana antarhubungan yang penuh kecurigaan dan sikap bermusuhan saat ini. Dapat disimpulkan bahwa konflik telah mengakibatkan dampak negatif, berupa...
a. Kerusakan harta benda
b. Pudarnya nilai dan norma
c. Hilangnya nyawa manusia
d. Munculnya dominasi kelompok pemenang
e. Keretakan hubungan antarindividu dan persatuan kelompok

12. Terdapat usaha untuk mempertemukan keinginan-keinginan dari pihak yang bertikai sehingga tercapai suatu kesepakatan. Ini merupakan proses akomodasi dalam bentuk...
a. Koersi (coercion)
b. Mediasi (mediation)
c. Arbitrasi (arbitration)
d. Konsiliasi (conciliation)
e. Kompromi (compromise)

13. Sebelum memulai perundingan damai untuk menyelesaikan konflik secara menyeluruh, terlebih dahulu harus dilakukan...
a. Konversi
b. Minority consent
c. Subjugation atau domination
d. Gencatan senjata (cease fire)
e. Keputusan mayoritas

14. Konflik yang dipicu oleh perbedaan pandangan atau ideologi yang dianut antarpihak disebut...
a. Konflik ras
b. Konflik politik
c. Konflik gender
d. Konflik sektarian
e. Konflik antarpemeluk agama

15. Konflik antarkomunitas (communal conflict) dapat disebabkan oleh...
a. Perbedaan warna kulit
b. Eksistensi identitas budaya komunitas
c. Sengketa penguasaan sumber daya alam
d. Upaya merebut dan mempertahankan kekuasaan
e. Pandangan berbeda dengan basis perbedaan jenis kelamin

16. Asumsi teori eksistensial mengenai kekerasan adalah...
a. Individu melakukan kekerasan karena telah mempelajarinya secara langsung
b. Individu melakukan kekerasan karena mempresepsikan suatu keuntungan bagi dirinya sendiri
c. Perilaku kekerasan terjadi sebagai hasil akumulasi frustrasi yang terjadi apabila keinginan individu untuk mencapai sesuatu gagal atau terhambat
d. Kekerasan kolektif (kekerasan yang dilakukan secara bersama-sama) disebabkan oleh adanya perubahan yang dianggap akan mengancam kelestarian sistem nilai
e. Apabila kebutuhan-kebutuhan dasar manusia tidak terpenuhi melalui perilaku konstruktif, maka individu akan berupaya memenuhinya melalui perilaku destruktif, termasuk kekerasan

17. Penyebab kekerasan menurut Johan Galtung adalah...
a. Rasa tidak aman
b. Ideologi seksisme
c. Preferensi perilaku
d. Perbedaan pandangan
e. Pembunuhan karakter

18. Berikut ini yang bukan tergolong tindak terorisme berdasarkan Treaty on Cooperation among the States Members of the commonwealth of Independent States in Combating Terrorism 1999 adalah...
a. Penipuan yang mengancam kelangsungan suatu lembaga perekonomian
b. Kekerasan atau ancaman kekerasan terhadap orang biasa atau orang yang dilindungi hukum
c. Menyebabkan kerusakan atas harta benda atau terjadinya akibat yang membahayakan bagi masyarakat
d. Menghancurkan atau mengancam harta benda dan objek materiil lain sehingga membahayakan kehidupan orang lain
e. Mengancam kehidupan negarawan atau tokoh masyarakat dengan tujuan mengakhiri aktivitas publik atau negaranya, atau sebagai pembalasan terhadap aktivitas tersebut

19. Berikut ini yang dimaksud dengan pihak utama berkonflik adalah...
a. Aktor yang netral
b. Aparat penegak hukum
c. Pihak ketiga yang bersedia mendorong penyelesaian konflik
d. Mereka yang memiliki kepentingan langsung dari hasil koflik
e. Mereka yang memiliki kepentingan tidak langsung terhadap hasil konflik

20. Isu menunjuk pada saling keterkaitan tujuan-tujuan yang... di antara pihak bertikai
a. Normatif
b. Bersesuaian
c. Tidak sejalan
d. Saling mengisi
e. Saling melengkapi

21. Suatu tahap di mana konflik mulai terbuka, terjadi pada tahap...
a. Krisis
b. Resolusi
c. Prakonflik
d. Konfrontasi
e. Rehabilitasi

22. Integrasi merupakan suatu proses peleburan berbagai perbedaan yang ada dalam masyarakat menjadi satu kesatuan terpadu. Hal ini dikemukakan oleh...
a. Yudoyoko
b. W.G. Sumner
c. Paulus Wirutomo
d. Maurice Duverger
e. Soerjono Soekanto

23. Berikut ini yang dimaksud kesetiakawanan adalah...
a. Sikap menahan diri
b. Keadaan yang seimbang
c. Keadaan yang tenang dan mantap
d. Kepatuhan warga negara terhadap hukum
e. Adanya sikap saling menolong dan mendukung

24. Faktor pendukung yang dapat memudahkan dan mempercepat berlangsungnya integrasi sosial dalam masyarakat adalah...
a. Sikap terbuka golongan penguasa
b. Perasaan in-group yang berlebihan
c. Tindakan diskriminatif golongan penguasa
d. Perbedaan kepentingan dan pertentangan pribadi
e. Terisolasinya kebudayaan suatu golongan tertentu dalam masyarakat

25. Kemampuan dan kapasitas individu-individu dalam suatu masyarakat untuk berorganisasi demi mencapai tujuan bersama yang mengacu pada...
a. Integrasi nilai
b. Integrasi wilayah
c. Integrasi nasional
d. Integrasi elite-massa
e. Integrasi tingkah laku


Ket. klik warna biru untuk link

Download
Kunci Jawaban
Soal Uraian

Lihat Juga
Materi Sosiologi
Semester 1
Bab 1. Kelompok Sosial di Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.1 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.2 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 1.3 Kelompok Sosial di Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)(Lanjutan)


Bab 2. Permasalahan Sosial dalam Masyarakat
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.1 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.2 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 2.3 Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Bab 3. Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.1 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.2 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.3 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
4. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 3.4 Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Semester 2
Bab 4. Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.1 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.2 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)
3. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 4.3 Konflik, Kekerasan, dan Perdamaian (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)

Bab 5. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5.1 Integrasi dan Reintegrasi Sosial
1. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5.1 Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016)
2. Materi Sosiologi Kelas XI Bab 5.2 Integrasi dan Reintegrasi Sosial (Kurikulum Revisi 2016) (Lanjutan)


Soal-Soal Pendalaman 
1. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 1
2. Soal Esai. Evaluasi Semester 1
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 2
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 2
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Kelas XI. Evaluasi Semester Genap [Kurikulum Revisi] 1"