Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Perubahan Sosial

A. Pengetahuan dan Pemahaman (C1) dan (C2)
1. Perubahan sosial adalah perubahan lembaga sosial dalam masyarakat yang memengaruhi sistem sosial, nilai, sikap, serta perilaku individu dan kelompoknya. Faktor penyebab perubahan sosial yang bersifat internal, di antaranya bertambah dan berkurangnya penduduk, penemuan-penemuan baru, pertentangan masyarakat, dan pemberontakan atau revolusi. Jadi pilihan yang tepat adalah:
- Munculnya gerakan sosial dan pertentangan anti-kelompok dalam masyarakat (1)
- Penemuan baru dan inovasi oleh anggota masyarakat/perorangan (3)
Jawaban: B. 1) dan 3)

2. Perubahan sosial merupakan suatu proses pergeseran atau berubahnya struktur/tatanan di dalam masyarakat, meliputi pola pikir yang lebih inovatif, sikap, serta kehidupan sosialnya untuk mendapatkan penghidupan yang lebih bermartabat. Faktor pendorong terjadinya perubahan sosial di antaranya:
- Pendidikan formal yang maju dan tinggi (1)
- Iklim yang menyenangkan bagi media massa (2)
- Pandangan hidup berorientasi ke masa yang akan datang (4)
Jawaban: B. 1), 2), dan 4)

3. Masyarakat pantai khususnya di daerah pelabuhan besar yang banyak berkomunikasi dengan dunia luar akan lebih cepat mengalami perubahan sosial. Faktor penyebab perubahan sosial ekstern tersebut adalah masuknya budaya asing.
Jawaban: E. Masuknya budaya asing

4. Perubahan sosial yang merupakan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling berkaitan dan berlangsung dalam jangka waktu lama disebut evolusi.
Jawaban: C. Evolusi

5. Perubahan siklus pada gambar ditandai dengan adanya garis berbentuk spiral. Perubahan siklus melihat segala bentuk perubahan dalam masyarakat yang selalu mengalami pengulangan. Berbagai perubahan yang terjadi pada masa depan mempunyai kemiripan dengan perubahan yang pernah terjadi sebelumnya. Dari gambar pada soal terlihat perubahan masyarakat yang berkembang dari primitif ke modern dan akan kembali lagi.
Jawaban: D. Masyarakat berkembang dari primitif ke modern

6. Faktor-faktor yang menghambat perubahan sosial adalah sikap masyarakat yang tradisional (1), adanya prasangka masyarakat terhadap hal baru (3), dan memiliki kepentingan yang tertanam kuat (5). Sedangkan, sikap menghargai masyarakat lain dan orientasi hidup pada masa depan merupakan faktor pendorong perubahan sosial budaya.
Jawaban: C. 1), 3), dan 5)

7. Dampak negatif terjadinya perubahan sosial sebagai berikut:
- Terjadi disintegrasi sosial
- Kenakalan remaja
- Terjadi kerusakan lingkungan
- Eksistensi adat istiadat berkurang
- Lembaga sosial tidak berfungsi secara optimal
- Muncul paham duniawi
Dampak sosial yang terjadi pada soal adalah terjadinya disintegrasi sosial karena salah satu unsur sosial tidak berfungsi sehingga menyebabkan memudarnya nilai dan norma yang dijunjung tinggi masyarakat.
Jawaban: A. Memudarnya nilai dan norma yang dijunjung tinggi masyarakat

8. Salah satu faktor penghambat perubahan sosial adalah rasa takut lunturnya nilai-nilai luhur tradisional. Masyarakat tradisional masih sangat menjaga tradisi warisan leluhurnya. Mereka beranggapan dengan menjual tanah untuk proyek sama saja dengan merusak warisan leluhur.
Jawaban: D. Faktor tradisional

B. Aplikasi (C3)
9. Sekolah dianggap mampu melakukan terobosan agar pelaksanaan pembelajaran kian menarik. Hal tersebut merupakan indikator penyebab terjadinya perubahan yang mengarah pada modernisasi, yang merupakan suatu proses perubahan dan pergeseran sikap dan perilaku warga masyarakat untuk hidup sesuai dengan tuntutan terkini.
Jawaban: A. Modernisasi

10. Revolusi merupakan salah satu penyebab terjadinya perubahan sosial dan dampaknya adalah pertentangan antarkelompok masyarakat. Perubahan sosial tersebut berdampak negatif yang akan menyebabkan disintegrasi sosial/perpecahan di dalam masyarakat itu sendiri yang disebabkan oleh banyaknya perbedaan pendapat.
Jawaban: B. Disintegrasi sosial
 

11. Perubahan sosial yang direncanakan adalah perubahan-perubahan yang diperkirakan atau yang telah direncanakan terlebih dahulu oleh pihak-pihak yang melakukan perubahan dalam masyarakat. Perubahan sosial yang termasuk direncanakan adalah:
- Konversi minyak tanah ke gas sebagai bahan bakar keluarga (2)
- Penemuan teknologi dalam mengobati batu ginjal tanpa operasi (4)
- Pencarian korban hilang menggunakan teknologi pengindraan (5)
Jawaban: D. 2), 4), dan 5)
 

12. Faktor penyebab perubahan sosial eksternal:
- Perang/konflik antarnegara
- Bencana alam
- Difusi budaya
Jadi, yang merupakan faktor eksternal penyebab perubahan sosial adalah 1), 3), dan 5)
Jawaban: C. 1), 3), dan 5)
 

13. Sebab-sebab terjadinya perubahan sosial sebagai berikut
a. Faktor internal
- Perubahan jumlah penduduk (demografi)
- Penemuan-penemuan baru
- Pertentangan (konflik) dan pemberontakan (revolusi)
b. Faktor eksternal
- Perubahan lingkungan fisik
- Pengaruh kebudayaan masyarakat luar
- Peperangan
Faktor yang memengaruhi perubahan sosial pada soal merupakan salah satu contoh perubahan sosial eksternal, yaitu pengaruh budaya luar.
Jawaban: B. Pengaruh budaya luar 


14. Perubahan sosial memiliki faktor pendorong dan penghambat. Dari kasus soal tersebut maka bencana alam dipandang sebagai faktor pendorong karena berdampak pada masyarakat untuk membuat inovasi sebagai langkah antisipasi bencana.
Jawaban: A. Adanya bencana alam


C. Penalaran (HOTS)
15. Perubahan sosial dilihat dari arah perubahannya terdiri atas:
- Teori evolusioner adalah perubahan yang memiliki arah yang tetap yang dilalui masyarakat. Semua masyarakat melalui urutan tahapan yang sama dan bermula dari tahap perkembangan awal menuju perkembangan akhir.
- Teori siklus adalah perubahan yang terjadi secara bertahap, tetapi setelah sampai tahap terakhir akan kembali pada tahap awal dan akan seperti itu selanjutnya.
Berdasarkan contoh soal, perubahan teknologi komunikasi merupakan evolusi linear.
Jawaban: B. Evolusi linear 


Ket. klik warna biru untuk link

Soal Klik di Sini
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal-Soal Ujian Nasional (UN) Materi Perubahan Sosial"