Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2015

1. Revolusi yang terjadi di berbagai negara dapat mewujudkan perubahan sosial yang mendasar tetapi mendorong munculnya pertentangan antarkelompok masyarakat. Realita tersebut menunjukkan bahwa perubahan sosial berdampak negatif yaitu terjadinya...
a. Integrasi sosial
b. Disintegrasi sosial
c. Gerakan sosial
d. Mobilitas sosial
e. Kesenjangan sosial
Jawaban : B. Disintegrasi sosial

2. Perhatikan gambar berikut!

Gambar di atas menunjukkan pola perubahan sosial yaitu...
a. Bergerak menuju ke arah tujuan tertentu saja
b. Masyarakat berkembang dari solidaritas mekanik ke organik
c. Kehidupan masyarakat berubah secara linier
d. Masyarakat berkembang dari primitif ke modern
e. Tidak ada batas yang jelas antara ketiga pola hidup
Jawaban : E. Tidak ada batas yang jelas antara ketiga pola hidup
Teori Siklus, melihat perubahan sebagai sesuatu yang berulang-ulang. Apa yang terjadi sekarang pada dasarnya memiliki kesamaan atau kemiripan dengan yang telah terjadi sebelumnya. Pola perubahan siklus adalah pola perubahan yang menyerupai spiral.

3. Aksi buruh melalui Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) menuntut perubahan gaji sesuai dengan UMP telah menimbulkan kemacetan di jalan raya. Deskripsi ini merupakan contoh disintegrasi sosial dalam bentuk...
a. Pergolakan daerah
b. Demonstrasi
c. Kenakalan remaja
d. Tawuran
e. Kriminalitas
Jawaban : B. Demonstrasi

4. Perhatikan gejala sosial berikut:
(1) Nilai pasrah terhadap keadaan yang ada
(2) Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
(3) Prasangka buruk terhadap budaya asing
(4) Sistem pelapisan masyarakat yang bersifat terbuka
(5) Sikap menghargai hasil karya orang lain
Yang termasuk dalam faktor penghambat perubahan sosial adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : A. 1, 2, 3
Faktor Penghambat Perubahan Sosial
a. Kurangnya hubungan dengan masyarakat lain
b. Perkembangan ilmu pengetahuan yang terlambat
c. Sikap masyarakat yang masih mengagungkan tradisi masa lampau dan cenderung konservatif
d. Adanya kepentingan yang sudah tertanam kuat (vested interest)
e. Rasa takut akan terjadinya kegoyahan pada integrasi kebudayaan
f. Prasangka terhadap hal-hal baru atau asing atau sikap yang tertutup
g. Hambatan-hambatan yang bersifat ideologis
h. Kebisaaan tertentu dalam masyarakat yang cenderung sukar diubah karena sudah mendarah daging

5. Perubahan dalam masyarakat akan terus terjadi seiring dengan perkembangan zaman. Salah satu faktor yang menyebabkan masyarakat cenderung untuk berubah berkaitan dengan sikap inovatif adalah...
a. Sadar akan kekuatan yang dimiliki
b. Adanya tekanan dari berbagai pihak luar
c. Masyarakat yang memiliki wawasan luas
d. Struktur sosial yang terbuka terhadap perubahan
e. Rasa percaya diri bahwa kesuksesan harus diraih
Jawaban : A. Sadar akan kekuatan yang dimiliki

6. Penemuan peralatan transfortasi modern menggantikan peralatan transfortasi tradisional. Modernisasi tersebut memberikan kenyamanan berupa...
a. Menggantikan sarana yang sudah ada
b. Mengurangi penggunaan bahan bakar minyak
c. Memperpendek waktu tempuh perjalanan
d. Membantu meningkatkan kesejahteraan rakyat
e. Mempercepat laju urbanisasi
Jawaban : C. Memperpendek waktu tempuh perjalanan

7. Pegadaian merupakan contoh lembaga utang-piutang yang dari sudut perkembangannya termasuk tipe enacted institutions. Ciri-ciri enacted institutions adalah...
a. Sengaja dibentuk untuk suatu tujuan tertentu
b. Berkaitan dengan hal-hal yang dianggap masyarakat penting
c. Bertujuan mengawasi adat istiadat dan pranata sosial
d. Berkaitan dengan pranata pendidikan
e. Mempertahankan tata tertib di masyarakat
Jawaban : A. Sengaja dibentuk untuk suatu tujuan tertentu
Enacted institution, yaitu lembaga sosial yang sengaja dibentuk untuk mencapai tujuan tertentu

8. Akhir-akhir ini banyak terjadi tawuran pelajar yang hanya dipicu oleh kesalahpahaman saja. Hal itu merupakan akibat dari kegagalan lembaga sosial dalam menjalankan fungsi...
a. Memberi pedoman hidup
b. Menjaga keutuhan kelompok
c. Melakukan pengawasan
d. Menanamkan kebisaaan
e. Mengembangkan masyarakat
Jawaban : C. Melakukan pengawasan

9. Perhatikan pernyataan berikut:
(1) Mempunyai anggota lebih dari satu orang
(2) Mempunyai alat kelengkapan yang digunakan mencapai tujuan
(3) Memiliki sumber keuangan lembaga tersendiri
(4) Memiliki lambang yang menggambarkan fungsi tertentu
(5) Memiliki tingkat kekekalan tertentu
Pernyataan di atas yang menunjukkan ciri-ciri lembaga sosial adalah...
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : D. 2, 4, 5
Karakteristik Lembaga Sosial
1) Memiliki simbol sendiri.
2) Memiliki tata tertib dan tradisi.
3) Usianya lebih lama
4) Memiliki alat kelengkapan
5) Memiliki ideologi
6) Memiliki tingkat kekebalan/daya tahan

10. Dalam suatu ceramah agama, seorang ustad menekankan pentingnya pendidikan anak secara baik. Anak merupakan karunia dari Allah yang dianugerahkan kepada orang tua untuk dibesarkan, diasuh, dididik, agar kelak menjadi generasi yang baik. Peran ustad tersebut ditujukan untuk semua kalangan. Peran ustad sebagai bagian dari lembaga agama adalah...
a. Memberi petunjuk kepada manusia tentang kebaikan dunia dan akherat
b. Mengajarkan cara hidup yang harmonis, damai dan bahagia
c. Mengajarkan kepada keluarga-keluarga untuk bisa hidup sejahtera
d. Mengajarkan tata cara ritual peribadatan sesuai agamanya
e. Menjaga masayarakat dari perbuatan jahat dan dosa
Jawaban : A. Memberi petunjuk kepada manusia tentang kebaikan dunia dan akherat

11. Pemerintah membangun sawah baru untuk mencukupi stok beras nasional. Target yang ingin dicapai adalah tersedianya beras secara cukup tanpa harus impor. Aktifitas lembaga ekonomi yang dicontohkan dalam ilustrasi tersebut menunjukkan fungsi produksi lembaga ekonomi yaitu…
a. Menetapkan cara pengupahan
b. Melakukan pertakaran baru
c. Menghasilkan bahan pangan
d. Menggunakan tenaga kerja
e. Menentukan harga jual
Jawaban : C. Menghasilkan bahan pangan
Tujuan dan fungsi lembaga ekonomi
a. Memberi pedoman untuk mendapatkan bahan pangan
b. Memberikan pedoman untuk melakukan pertukaran barang (barter)
c. Memberikan pedoman tentang harga jual beli
d. Memberikan pedoman untuk menggunakan tenaga kerja
e. Memberikan pedoman tentang cara pengupahan
f. Memberikan pedoman tentang cara pemutusan hubungan kerja
g. Memberi identitas diri bagi masyarakat

12. Merencanakan dan melaksanakan pelayanan sosial serta mengusahakan kebutuhan pokok masyarakat seperti pengadaan dan distribusi pangan, sandang, papan, energy, kesehatan dan pendidikan, merupakan fungsi dari lembaga politik yang utama yaitu…
a. Mengurangi kemiskinan dan pengangguran yang ada
b. Mensejahterakan masyarakat umum secara nyata
c. Mempertahankan kekuasaan sesuai dengan aturan undang-undang
d. Memperbaiki pertumbuhan ekonomi sehingga tidak terjadi inflasi tinggi
e. Mewujudkan Negara yang bebas dari gangguan kerusuhan
Jawaban : B. Mensejahterakan masyarakat umum secara nyata
Fungsi lembaga politik
a. Memelihara ketertiban di dalam (internal order)
b. Menjaga keamanan di luar (external security)
c. Mengusahakan kesejahteraan umum (general welfare)
d. Mengatur proses politik

13. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Menyelenggarakan pembelajaran
(2) Sarana pendewasaan anak
(3) Mengembangkan bakat anak
(4) Menghambat kesempatan kerja
(5) Memiliki potensi sebagai sarana pembangkangan anak
Dari contoh di atas yang merupakan fungsi laten lembaga pendidikan adalah…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : E. 3, 4, 5
Fungsi laten (tidak disadari)
a) Mengurangi pengendalian orang tua
b) Menyediakan sarana untuk pembangkangan
c) Mempertahankan sistem kelas sosial
d) Memperpanjang masa remaja

14. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Membentuk kepribadian anak sesuai harapan orang tua
(2) Membisaakan kepada anak untuk membereskan tempat tidurnya
(3) Memberi perlindungan kepada seluruh anggota keluarga
(4) Mengajarkan anak untuk memiliki sikap disiplin
(5) Memenuhi kebutuhan ekonomi anak
Yang merupakan fungsi sosialisasi dalam keluarga ditunjukkan oleh…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : B. 1, 2, 4

15. Perhatikan data pada tabel berikut!
Tabel Pemilikan Tanah Petani Desa Wonorejo Kecamatan Mujimulyo Tahun 2010


Ket.
>2 h : Petani kaya
0,5 s.d <2h : Petani subsisten
<0,5 : Petani gurem
Tidak punya lahan : Buruh tani
Simpulan yang dapat diambil dari data pada tabel di atas adalah…
a. Separuh lebih petani di desa tersebut adalah buruh tani
b. Separuh lebih petani di desa tersebut adalah petani gurem
c. Jumlah petani gurem lebih besar dari buruh tani
d. Sebagian besar petani di desa tersebut adalah petani gurem dan buruh tani
e. Rata-rata petani di desa tersebut merupakan petani subsistem
Jawaban : D. Sebagian besar petani di desa tersebut adalah petani gurem dan buruh tani

16. Ciri teknik pengumpulan data:
(1) Responden sulit memilih jawaban yang tersedia
(2) Peneliti tidak bisa menyelami lebih jauh kehidupan responden
(3) Responden yang sibuk sering sulit ditemui
(4) Dibutuhkan waktu lama dan biaya mahal
(5) Hasil wawancara kadang tidak sesuai kebutuhan
Kelemahan teknik wawancara adalah…
a. 1, 2, 3
b. 1, 2, 4
c. 1, 3, 5
d. 2, 4, 5
e. 3, 4, 5
Jawaban : C. 1, 3, 5
Adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan obyek penelitian, dalam wawancara ada dua pihak yang terlibat yaitu interviewer (pewawancara), yaitu orang yang mewawancarai/pihak pewawancara dan interviewe (terwawancara), yaitu orang yang diwawancarai.

17. Data penelitian tentang pendapat siswa terhadap profil guru ideal, datanya diperoleh dengan bertanya langsung kepada para siswa sebagai subjek penelitian. Berdasarkan cara memperolehnya, data tersebut termasuk…
a. Primer
b. Sekunder
c. Kuantitatif
d. Kualitatif
e. Deskriptif
Jawaban : A. Primer
Data frimer; data yang didapat langsung dari lapangan yang peroleh peneliti melalui wawancara, kuesioner, angket atau observasi.

18. Seorang peneliti melakukan kajian mengenai keberhasilan program wajib belajar 9 tahun di lima provinsi pulau Jawa, tahun 2011. Peneliti membagi tiga zona barat, tengah dan timur untuk mempermudah pengelompokkan data. Berdasarkan deskripsi tersebut maka cara pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian adalah…
a. Proporsional sampling
b. Random sampling
c. Area sampling
d. Group sampling
e. Purposive sampling
Jawaban : C. Area sampling
Sampel wilayah (area probability sampling); Dengan mengambil wakil dari setiap wilayah yang terdapat dalam populasi. Apabila ada perbedaan ciri antara satu wilayah dengan wilayah lainnya.

19. Peneliti ingin mengetahui mengapa di sekolah X yang lokasinya di pedesaan menghasilkan output nilai rata-rata Ujian Nasional tinggi dibandingkan dengan sekolah lain di sekitarnya. Rumusan masalah yang sesuai dari kondisi objek tersebut adalah…
a. Berapa nilai rata-rata ujian nasional di sekolah X?
b. Berapa perbedaan nilai rata-rata sekolah X dengan sekolah sekitar?
c. Bagaimana pengelolaan KBM di sekolah X sehingga nilai rata-rata UN tinggi?
d. Apa yang menyebabkan siswa SMA X lebih suka belajar disbanding bermain?
e. Adakah hubungan antara metode mengajar guru dengan nilai rata-rata UN?
Jawaban : C. Bagaimana pengelolaan KBM di sekolah X sehingga nilai rata-rata UN tinggi?
 

20. Judul penelitian: Pengaruh pencitraan diri melalui media massa terhadap tingkat popularitas selebritis. Variabel terikat dari judul penelitian tersebut adalah…
a. Pencitraan diri
b. Media massa
c. Tingkat popularitas selebritis
d. Selebritis
e. Pencitraan diri
Jawaban : C. Tingkat popularitas selebritis
Variabel penelitian adalah suatu atribut yang dianggap mencerminkan dan mengungkapkan pengertian atau bangunan pengertian. Contoh : variabel usia dan tinggi badan seorang anak. Dalam penelitian variabel dibedakan menjadi dua, yaitu:
Variabel Bebas, yaitu variabel yang mendahului atau memengaruhi variabel lain
Variabel terikat, yaitu variabel yang merupakan akibat atau tergantung pada variabel yang mendahuluinya.

21. Seorang peneliti melakukan penelitian tentang kehidupan sosial para pengguna internet. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi dengan hasil analisis berupa narasi atau penjelasan tentang masalah yang diteliti. Uraian di atas menunjukkan bahwa peneliti tersebut melakukan penelitian jenis…
a. Kuantitatif
b. Kualitatif
c. Survey
d. Studi kasus
e. Eksperimen
Jawaban : B. Kualitatif
Data kualitatif; data yang tidak berbentuk angka.

22. Seorang peneliti harus menyusun laporan hasil penelitiannya. Berikut ini yang merupakan manfaat penelitian bagi pemerintah adalah…
a. Menambah khasanah ilmu pengetahuan
b. Mendorong dilakukan penelitian lanjutan
c. Meningkatkan prestasi peneliti
d. Mengimplementasikan semua hasil penelitian
e. Menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan
Jawaban : E. Menjadi acuan dalam pengambilan kebijakan

23. Dalam laporan peneltian ilmiah antara lain memuat isi laporan yang menggambarkan pola berpikir ilmiah dalam keseluruhan proses penelitian. Kegunaan bagian tinjauan pustaka dalam laporan penelitian adalah untuk menggambarkan…
a. Proses pelaksanaan penelitian sampai analisis datanya
b. Seluruh hasil penelitian dan metodologi yang digunakan
c. Hal-hal yang telah diteliti oleh peneliti sebelumnya
d. Pemecahan masalah yang di dapat saat peneltian dilakukan
e. Argumentasi singkat tentang hasil penelitian yang dilakukan
Jawaban : E. Argumentasi singkat tentang hasil penelitian yang dilakukan


Ket. klik warna biru untuk link

Download Soal di Sini

Lihat Juga
1. Materi Sosiologi Acuan Klik di Sini
2. Bedah Soal Ujian Nasional Sosiologi Tahun 2018 Klik di Sini
3. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XI Tahun 2015
4. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas X Tahun 2015

Soal-Soal Lain
Kelas XII
1. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Penulisan Laporan Penelitian
2. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengolahan Data Penelitian
3. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengumpulan Data Penelitian
4. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Rancangan Penelitian Sosial
5. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Lembaga Sosial
6. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Modernisasi dan Globalisasi
7. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Perubahan Sosial 

Referensi Soal
XII
1. Soal Ujian Nasional Sosiologi (UN) Materi Kelas XII Tahun 2018
2. Soal Ujian Nasional (UN) Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2017
3. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2016
4. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2015
5. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2014
6. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2013  
7. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2012
8. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2011
9. Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2010
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Kunci Jawaban dan Pembahasan Soal UN Sosiologi Materi Kelas XII Tahun 2015"