Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (KTSP)

Pengumpulan Data dalam Penelitian
Pengumpulan Data Penelitian
Tujuan Pembelajaran
Dengan mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:
1. Menjelaskan tujuan pengumpulan data dalam penelitian
2. Menggunakan angket atau kuesioner
3. Melakukan observasi
4. Melakukan wawancara

Pengumpulan data adalah aktivitas mencari data di lapangan untuk menjawab permasalahan yang telah dirumuskan sebelumnya. 




A. PENGERTIAN PENGUMPULAN DATA
Setelah melakukan penyusunan rancangan penelitian, langkah selanjutnya adalah pengumpulan data. Pengumpulan data adalah kegiatan mencari data di lapangan yang akan digunakan untuk menjawab permasalahan penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi atau studi kepustakaan, angket (daftar pertanyaan), wawancara, dan observasi.



B. STUDI KEPUSTAKAAN
Studi kepustakaan merupakan suatu kegiatan pengumpulan data dan informasi dari berbagai sumber, seperti buku yang memuat beragam kajian teori yang sangat dibutuhkan peneliti, majalah, naskah, kisah sejarah, dan dokumen. Termasuk di dalamnya adalah rekaman berita dari radio, televisi, dan media elektronik lainnya.

C. ANGKET (KUESIONER)
Angket atau kuesioner adalah sebuah cara atau teknik yang digunakan seorang peneliti untuk mengumpulkan data dengan menyebarkan sejumlah lembar kertas yang berisi pertanyaan-pertanyaan yang harus dijawab oleh responden.

Pertanyaan dalam angket atau kuesioner dapat dibedakan menjadi 4, yaitu pertanyaan tertutup, terbuka, semi terbuka, dan pertanyaan kombinasi terbuka dan tertutup.
a. Angket dengan pertanyaan tertutup
Jawaban atas pertanyaan sudah tersedia. Responden tinggal memilih jawaban atas pertanyaan yang dimaksud, seperti jawaban Ya atau Tidak. Jawaban dapat pula berbentuk sejumlah alternatif jawaban (pilihan ganda). Pada angket jenis ini, responden tidak diberi kesempatan memberikan jawaban lain.

b. Angket dengan pertanyaan terbuka
Responden diberi kebebasan untuk menjawab pertanyaan dengan kalimat sendiri. Sehingga ada keragaman jawaban yang diberikan.

c. Angket dengan pertanyaan semi terbuka
Responden menjawab pertanyaan dengan jawaban yang telah tersedia, namun responden masih diberikan kebebasan untuk mencari jawaban alternatif apabila jawaban yang tersedia tidak atau kurang cocok.

d. Angket dengan kombinasi pertanyaan tertutup dan terbuka
Responden menjawab pertanyaan dengan jawaban yang tersedia, kemudian disusul dengan pertanyaan terbuka.

D. OBSERVASI
Observasi dapat dilakukan melalui penglihatan, penciuman, pendengaran, peraba dan pengecap. Semua kegiatan tersebut dinamakan observasi atau pengamatan langsung. Dalam penelitian, observasi dapat dilakukan dengan cara tes, kuesioner, rekaman gambar, dan rekaman suara.
Jenis observasi
a. Pengamatan Terlibat (Observasi Partisipasi)
Observasi yang dilakukan pengamat dengan cara melibatkan diri kedalam lingkungan obyek pengamatan.

b. Pengamatan tidak terlibat (Observasi Non Partisipasi)
Peneliti tidak melibatkan diri secara langsung kedalam obyek pengamatan, tetapi tetap bisa memperoleh gambaran mengenai obyeknya.

E. Wawancara (INTERVIEW)
Adalah proses memperoleh keterangan untuk tujuan penelitian dengan cara tanya jawab sambil bertatap muka antara si peneliti dengan obyek penelitian, dalam wawancara ada dua pihak yang terlibat yaitu interviewer (pewawancara), yaitu orang yang mewawancarai/pihak pewawancara dan interviewe (terwawancara), yaitu orang yang diwawancarai
1. Macam-macam pedoman wawancara
a. Wawancara tidak terstruktur
Pedoman wawancara tidak terstruktur adalah pedoman wawancara yang hanya memuat garis-garis besar wawancara. Wawancara disesuaikan dengan garis besar pembicaraan yang telah dipersiapkan.

b. Wawancara terstruktur/terstandar (standardized)
Pedoman wawancara terstruktur adalah pedoman wawancara yang disusun secara terperinci, seperti halnya kuesioner. Pedoman wawancara terstruktur terdiri dari sederetan pertanyaan.

2. Jenis-jenis wawancara
Ditinjau dari pelaksanaannya, maka wawancara dibedakan atas tiga macam
a. Wawancara bebas (unguided interview); Pewawancara secara bebas bertanya apa saja tanpa harus menggunakan acuan pertanyaan.
 

b. Wawancara terpimpin (guided interview); Pewawancara membawa sederetan pertanyaan lengkap dan terperinci, seperti wawancara terstruktur
 

c. Wawancara bebas terpimpin; Merupakan kombinasi dari wawancara bebas dan wawancara terpimpin.

Ket. klik warna biru untuk link

Sumber.
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2012. Sosiologi untuk SMA/MA Kelas XII. Esis Erlangga. Jakarta

Muin, Idianto. 2006. Sosiologi SMA/MA untuk Kelas XII. Erlangga. Jakarta


Download Materi di Sini

Lihat Juga
1. Video Pengumpulan Data dalam Penelitian (Revisi) (Youtube Chanel. https://youtu.be/jpMvxg2kSYQ ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
2. Video tentang Pengumpulan Data dalam Penelitian (Youtube Chanel. https://youtu.be/LJfq1tfXCDQ ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Soal-Soal
1. Soal Pendalaman Materi Klik di Sini dan Sini
2. Soal Uji Kompetensi Klik di Sini
 

Soal-Soal Lain
1. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Metode Penelitian Sosial Klik di Sini
2. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Pengumpulan Data dalam Penelitian Klik di Sini
3. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Metode Penelitian Sosial Klik di Sini
4. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas XII Bab 4. Pengumpulan Data Klik di Sini
5. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Pengumpulan Data Penelitian Klik di Sini
      
Media
1. Power Point 1
2. Power Point 2
3. Video Penunjang

e-Book
1. Elisanti. Titin Rostini. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
2. Bondet Wrahatnala. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
3. Ruswanto. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
4. Bagja Waluya. Sosiologi Kelas XII. Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat
5. Aman Nur Hidayah. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
6. Suhardi. Sri Sunarti. Sosiologi Kelas XII. Sosiologi 3
 

Pengayaan
1. Pokok Bahasan Sosiologi
2. Pengambilan Sampel dari Populasi Tak-Terhingga dan Tak-Jelas
3. Metode-Metode dalam Sosiologi
4. Manfaat Penelitian Sosiologis Bagi Pembangunan
5. Konsep-Konsep Sosiologis sebagai Alat Analisa
6. Jenis-Jenis Penelitian Sosial
7. Jenis-Jenis Metode Penelitian Sosiologi dan Contohnya
8. Pengambilan Sampel dari Populasi Tak-Terhingga dan Tak-Jelas

Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Glosarium Sosiologi. Materi Kelas XII
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Pengumpulan Data Penelitian
4. Pengertian Penelitian Sosial Menurut Ahli
5. Pengertian Populasi dan Sampel Menurut Ahli

Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern

Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies

Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Materi Sosiologi Kelas XII. Bab 5. Pengumpulan Data dalam Penelitian (KTSP)"