Pendekatan Psikologi. Perilaku

Pendekatan Psikologi Perilaku
Psikologi Perilaku
Merupakan pendekatan dengan cara mengamati perilaku manusia, bukan mengamati kegiatan-kegiatan bagian tubuh dalam manusia. Pendekatan ini mulai diperkenalkan oleh seorang ahli psikologi Amerika John B. Watson pada awal tahun 1900-an, sedangkan sebelumnya psikologi mengandalkan metode introspeksi. Watson berpendapat bahwa introspeksi merupakan pendekatan yang tidak ada gunanya. Alasannya, jika psikologi dikatakan ilmu maka datanya harus dapat diamati dan diukur. Sedangkan introspeksi, hanya Anda sendiri yang mampu mengintrospeksi pengamatan dan perasaan Anda, orang lain tidak. Watson mempertahankan pendapatnya bahwa hanya dengan mempelajari apa yang dilakukan manusia melalui perilakunya, psikologi menjadi ilmu yang objektif.

Akhirnya, pendekatan behaviorisme yang dianut Watson tersebut turut berperan dalam pengembangan bentuk psikologi. Cabang perkembangannya, yaitu psikologi stimulus-response (S-R) yang hingga sekarang masih tetap berpengaruh. Kuatnya pengaruh psikologi stimulus response (S-R) tersebut tidak lepas dari hasil jerih payah ahli psikologi dari Harvard, B.F. Skinner. Pada hakikatnya, psikologi S-R mempelajari rangsangan yang menimbulkan respons dalam bentuk perilaku, mempelajari ganjaran dan hukuman yang mempertahankan adanya respons itu, dan mempelajari perubahan perilaku yang ditimbulkan karena adanya perubahan pola ganjaran dan hukuman (Skinner, 1981).


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Pendekatan Psikologi. Fenomenologi
2. Pendekatan Psikologi. Neurobiologis
3. Pendekatan Psikologi. Kognitif 
4. Pendekatan Psikologi. Psikoanalitik
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pendekatan Psikologi. Perilaku"