Pendekatan Psikologi. Psikoanalitik

Pendekatan Psikologi Psikoanalitik
Psikoanalitik
Pendekatan ini dikembangkan oleh Sigmund Freud, ahli psikologi Austria yang didasarkan atas studi kasus yang luas dari para pasien secara individual, bukan secara eksperimen. Dasar pemikiran pendekatan ini bahwa sebagian besar perilaku manusia adalah dari proses yang tidak disadari (unconscious processes). Yang dimaksud dengan proses yang tidak disadari adalah pemikiran rasa takut, dan keinginan yang tidak disadari, tetapi berpengaruh terhadap perilakunya. Ia percaya bahwa banyak dari impuls pada masa kanak-kanak yang dilarang dan dihukum oleh orang tua dan masyarakatnya berasal dari naluri pembawaan (innate instinc). Karena setiap orang lahir dengan membawa berbagai impuls, hal yang menimbulkan pengaruh mendalam harus ditangani dengan cara tertentu.

Melarang impuls tersebut hanya akan mengakibatkan mereka ke luar dari kesadaran dan menggantikannya dengan ketidaksadaran yang tetap berpengaruh terhadap perilaku. Impuls yang tidak disadari ini menurut Freud akan mendapatkan pelampiasannya melalui mimpi, kekeliruan berbicara (latah), cara kebiasaan, dan gejala penyakit neurosis, serta melalui bentuk perilaku yang dapat diterima masyarakat.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Pendekatan Psikologi. Fenomenologi
2. Pendekatan Psikologi. Neurobiologis
3. Pendekatan Psikologi. Perilaku
4. Pendekatan Psikologi. Kognitif
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Pendekatan Psikologi. Psikoanalitik"