Jerome Bruner

Biografi Jerome Bruner
Jerome Bruner
Biografi Psikolog
Jerome S. Bruner adalah seorang ahli psikologi perkembangan dan psikologi belajar kognitif. Pendekatannya tentang psikologi adalah eklektik. Penelitiannya yang demikian banyak itu meliputi persepsi manusia, motivasi, belajar, dan berpikir. Dalam mempelajari manusia, ia menganggap manusia sebagai pemroses, pemikir, dan pencipta informasi. Buku Bruner tentang The Process of Education yang diterbitkan pada 1960 merupakan rangkuman hasil konferensi Woods Hole yang diadakan pada tahun 1959, suatu konferensi yang membawa banyak pengaruh pada pendidikan pada umumnya dan pengajaran sains pada khususnya.

Bruner rupanya tidak mengembangkan teori belajar yang sistematis. Hal yang penting baginya ialah cara bagaimana orang memilih, mempertahankan, dan mentransformasi informasi secara aktif, dan inilah menurut Bruner inti belajar. Oleh karena itu, Bruner memusatkan perhatiannya pada masalah apa yang dilakukan manusia dengan informasi yang diterimanya dan apa yang dilakukannya sesudah memperoleh informasi yang diskret itu mencapai pemahaman yang memberikan kemampuan padanya.

Jerome Seymour Bruner lahir di New York City Amerika Serikat 1 Oktober 1915. Bruner menyelesaikan pendidikan di Duke University dan menerima gelar sarjana (B.A) pada tahun 1937. Kemudian, Bruner belajar psikologi di Harvard University dan mendapat gelar doktor tahun 1939 dan Ph.D. pada tahun 1939 di bawah bimbingan Gordon Allport. Bruner menerbitkan artikel psikologis pertamanya yang berisi tentang pengaruh ekstrak timus pada perilaku seksual tikus betina.

Tahun 1941, Bruner menyelesaikan tesis doktornya yang berjudul A Psychological Analysis of International Radio Broadcasts of Belligerent Nations. Kemudian, Bruner memasuki Angkatan Darat Amerika Serikat dan bertugas di Divisi Warfare Psikologis dari Markas Agung Sekutu Expeditory Angkatan Eropa komite di bawah Eisenhower, di sini Bruner meneliti fenomena psikologi sosial di mana karyanya berfokus pada propaganda serta opini publik di Amerika Serikat. Ketika itu Bruner menjabat sebagai editor Public Opinion Quarterly (1943-1944). Pada tahun 1945, Bruner kembali ke Harvard sebagai profesor psikologi dan terlibat dalam penelitian yang berkaitan dengan psikologi kognitif dan psikologi pendidikan. Ia dengan cepat naik pangkat dari dosen menjadi profesor pada tahun 1952. Dia berperan penting dalam membangun Path Breaking Center For Cognitive Studies pada tahun 1960 menjabat sebagai direktur pada tahun 1972. Lalu pada tahun 1964-1965 ia terpilih dan menjabat sebagai presiden dari American Psychological Association.

Pada tahun 1970, Bruner meninggalkan Harvard untuk mengajar di Universitas Oxford di Inggris. Dia kembali ke Amerika Serikat pada tahun 1980 untuk melanjutkan penelitian di bidang psikologi perkembangan. Pada tahun 1972, Bruner berlayar melintasi Atlantik. Hal ini dikarenakan untuk mengambil posisi Watts Professor of Experimental Psychology at Oxford University. Pada tahun 1991, Bruner bergabung dengan fakultas di New York University Law School. Selain itu, Bruner juga  telah dianugerahi gelar doktor kehormatan dari Yale dan Columbia, serta perguruan tinggi dan universitas  seperti Sorbonne, Berlin, dan Roma, dan merupakan Fellow dari American Academy of Arts dan Ilmu.

Dari Berbagai Sumber


Ket. klik warna biru untuk link

Download

Baca Juga
1. Teori Belajar dari Bruner
2. Jerome Bruner. Empat Tema tentang Pendidikan
3. Jerome Bruner. Model dan Kategori
4. Jerome Bruner. Belajar Sebagai Proses Kognitif
5. Jerome Bruner. Belajar Penemuan
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Jerome Bruner"