Teori Bruner

Teori Belajar Bruner
Teori Belajar Bruner
Jerome Bruner mengembangkan teori perkembangan mental, yang mendeskripsikan bahwa terjadinya proses belajar lebih ditentukan oleh cara mengatur materi pelajaran. Proses belajar terjadi melalui tahap-tahap, yaitu: a) manipulasi objek langsung (enactive); b) representasi gambar (iconic); c) manipulasi simbol (symbolic). Tahap enaktif adalah aktivitas peserta didik untuk memahami lingkungan melalui observasi langsung terhadap realitas.

Tahap ikonik terjadi saat peserta didik mengobservasi realitas secara tidak langsung, tetapi melalui sumber sekunder, misalnya melalui gambar-gambar atau tulisan. Tahap simbolik terjadi ketika peserta didik membuat abstraksi berupa teori, penafsiran, analisis terhadap realitas yang telah diamati dan dialami. Contoh aplikasi teori Bruner dalam proses belajar mengajar adalah:
a. Menentukan tujuan-tujuan instruksional
b. Memilih materi pelajaran
c. Menentukan topik yang dapat dipelajari secara induktif oleh peserta didik
d. Mencari contoh, tugas, ilustrasi, dan sebagainya
e. Mengatur topik-topik pembelajaran mulai dari yang konkret ke abstrak, dari yang sederhana ke kompleks, dari tahap enaktif, ikonik ke simbolik
f. Mengevaluasi proses dan hasil belajar


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Jerome Bruner. Biografi
2. Teori Belajar dari Bruner
3. Jerome Bruner. Empat Tema tentang Pendidikan
4. Jerome Bruner. Model dan Kategori
5. Jerome Bruner. Belajar Sebagai Proses Kognitif
6. Jerome Bruner. Belajar Penemuan
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Teori Bruner"