Berpunggungan (Back to Back)

Teknik ini digunakan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengamati dan mendeskripsikan sesuatu secara lisan, serta menginterpretasi deskripsi yang disampaikan. Prosedur pelaksanaan teknik dilaksanakan sebagai berikut.
a. Guru mengatur agar sepasang peserta didik (bisa teman sebangku) untuk duduk saling berpunggungan
b. Guru menunjukkan gambar atau sebuah benda pada salah satu peserta didik dan menugaskan kepadanya untuk mendeskripsikan gambar tersebut secara lisan
c. Peserta didik yang merupakan pasangannya ditugaskan untuk menggambar benda yang dideskripsikan dan tidak boleh melihat gambar yang dipegang oleh temannya
d. Setelah selesai menggambar, pasangan peserta didik membandingkan gambar yang diberikan dengan gambar yang dibuat
e. Guru meminta peserta didik untuk berganti peran dan memberikan gambar yang berbeda


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan 
2. Teknik Tabel Klasifikasi
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point 
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Jeopardy 
19. Cluster
20. Hot Seat
21. Opini Teman
22. Teknik Brain Borrow
23. Teknik Copy Cat
24. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
25. Teknik Catatan Ide   
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Berpunggungan (Back to Back)"