Teknik Catatan Ide

Teknik ini dilakukan untuk meningkatkan kreativitas dengan cara mengumpulkan ide sekitar satu minggu sebelum pelajaran. Tahapan pelaksanaan pembelajaran adalah sebagai berikut.
a. Peserta didik diminta untuk mengembangkan ide dalam waktu satu minggu atau lebih. Ide perlu ditulis di buku catatan kecil, buku harian, atau menggunakan media perekam lainnya (seperti perekam suara). Ide yang ditulis harus memberikan tantangan. Peserta didik harus menuliskan ide-ide setiap kali berpikir tentang topik yang dipelajari pada buku catatan atau buku harian.
b. Guru membentuk peserta menjadi kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4 sampai 7 orang. Anggota kelompok diminta untuk membandingkan catatan mereka. Setiap anggota kelompok melaporkan apa yang dipelajari secara bergantian. Informasi atau ide yang sama hanya dicatat sekali saja.
c. Setelah semua ide dilaporkan, guru menginstruksikan pada kelompok untuk memilih tiga ide terbaik yang mereka pikirkan dan melaporkan kekelompok besaratau kelas. Guru mengecek apakah semua kelompok telah mendiskusikan ide yang mereka laporkan pada kelompok dan memilih tiga ide terbaik dari mereka.
d. Guru meminta kepada kelas untuk mendiskusikan prioritas ide yang terbaik dari yang telah dilaporkan dan membuat daftar prioritas
e. Guru mengumpulkan semua ide untuk kepentingan evaluasi, termasuk yang tidak dipilih dalam diskusi kelompok


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Teknik Inovatif dalam Pembelajaran
1. Teknik Matriks Perbandingan
2. Teknik Tabel Klasifikasi 
3. Teknik Tabel Perbandingan
4. Scramble
5. Word Square
6. Time Token
7. Teknik Tebak Kata
8. Teknik Kartu Flash
9. Teknik Concept Sentence
10. Teknik Keliling Ruangan (Gallery Walk)
11. Teknik Merangkum
12. One Minute Paper
13. Muddiest Point 
14. Belajar Berpasangan
15. Student Question
16. Teknik Merujuk Gambar
17. Ask the Winner
18. Berpunggungan (Back to Back)
19. Jeopardy
20. Cluster
21. Hot Seat
22. Opini Teman
23. Teknik Brain Borrow
24. Teknik Copy Cat
25. Teknik Tenggat Waktu (Deadline)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Teknik Catatan Ide"