Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)

Materi Sosiologi Rancangan Penelitian Sosial
Rancangan Penelitian Sosial
Tujuan Pembelajaran
Dengan mempelajari bab ini, Anda diharapkan mampu:
- Mendeskripsikan proses berpikir dan penelitian
- Menyusun rancangan penelitian sosial budaya
- Menentukan topik atau masalah sosial dan budaya sebagai fokus penelitian
- Menentukan pendekatan penelitian
- Memilih subjek penelitian sebagai sumber data dan informasi, dan
- Mengumpulkan data yang sesuai dengan masalah atau fokus penelitian

Peta Konsep Materi Rancangan Penelitian Sosial
Peta Konsep Materi Rancangan Penelitian Sosial

A. Proses Berpikir dan Penelitian
1. Proses Berpikir (Penalaran)
Penalaran adalah suatu proses berpikir untuk memperoleh kesimpulan yang logis berdasarkan fakta yang relevan. Hal ini disebabkan oleh dua hal berikut.
1) Manusia mempunyai bahasa yang mampu mengomunikasikan informasi dan jalan pikiran yang melatarbelakangi informasi tersebut
2) Manusia memiliki kemampuan berpikir menurut suatu alur kerangka berpikir tertentu

Penalaran memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1) Logis, yaitu sesuai dengan logika. Secara singkat, dapat dikatakan bahwa logika adalah ilmu pengetahuan dan kecakapan untuk berpikir lurus atau tepat.
2) Analitis, yaitu bersifat analisis. Analisis adalah penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya.

Jenis penalaran yang penting bagi penelitian adalah sebagai berikut.
1) Deduksi, orang pertama yang mengembangkan sistem logika deduktif untuk menjelaskan suatu persoalan adalah Aristoteles (384-322 SM). Berpikir deduktif adalah proses penarikan kesimpulan dari hal yang bersifat umum ke hal yang bersifat khusus.
2) Induksi, merupakan metode pemikiran yang bertolak dari peristiwa khusus untuk menentukan hukum umum.
3) Gabungan induksi dan deduksi, dalam penelitian banyak argumen dibangun dengan menggabungkan proses penalaran induksi dan deduksi secara berurutan.

2. Penelitian
Pendapat para ahli tentang penelitian klik di sini. Berdasarkan definisi-definisi tersebut dapat diambil kesimpulan sebagai berikut.
1) Penelitian adalah usaha menarik kesimpulan yang dapat dipercaya kebenarannya, yang dilakukan dengan sadar dan teliti menurut prosedur ilmiah tertentu.
2) Penelitian adalah aktivitas ilmiah yang menggunakan metode ilmiah terhadap satu atau beberapa masalah di dalam dunia empiris melalui pengumpulan data (data collecting).
3) Penelitian adalah suatu proses atau rangkaian langkah yang dilakukan secara terencana dan sistematis untuk mendapatkan pemecahan masalah atau jawaban terhadap pertanyaan-pertanyaan tertentu.

Kegunaan penelitian
1) Memperkuat ilmu pengetahuan
2) Membina dan mengembangkan ilmu pengetahuan

Tiga syarat penelitian
1) Sistematis, dilaksanakan menurut pola tertentu dari yang paling sederhana sampai yang kompleks hingga tercapai tujuan secara efektif dan efisien.
2) Terencana, dilaksanakan secara sengaja dan langkah-langkah pelaksanaannya sudah dipikirkan sebelumnya.
3) Mengikuti prosedur ilmiah, mulai dari awal sampai akhir kegiatan, penelitian dilakukan menurut cara-cara yang sudah ditentukan.

Cara berpikir seorang peneliti
1) Skeptis, menanyakan bukti atau fakta yang dapat mendukung suatu pernyataan
2) Analitis, menganalisis setiap pernyataan atau persoalan yang dihadapi
3) Kritis, selalu mendasarkan pikiran dan pendapatnya pada logika serta menimbang segala hal secara objektif
4) Jujur, tidak memasukkan keinginannya sendiri ke dalam data
5) Terbuka, bersedia memberikan bukti penelitiannya dan siap menerima pendapat pihak lain

Sikap seorang peneliti
1) Objektif, harus dapat memisahkan perasaan pribadi dan fakta
2) Kompeten, memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian
3) Faktual, bekerja berdasarkan fakta yang diperoleh

3. Prosedur Penelitian
Dilakukan dengan urutan sebagai berikut.
1) Penelitian dihadapkan pada suatu kebutuhan atau masalah tertentu
2) Merumuskan masalah sehingga batasan, kedudukan, dan alternatif cara pemecahan masalah tersebut menjadi jelas
3) Menetapkan hipotesis sebagai titik tolak dalam mengadakan tindakan untuk menentukan alternatif pemecahan masalah yang dipilih
4) Mengumpulkan data untuk menguji hipotesis (collection of data as evidence)
5) Mengambil kesimpulan berdasarkan hasil pengolahan data dan dikembalikan kepada hipotesis yang sudah dirumuskan
6) Menentukan kemungkinan untuk mengadakan generalisasi dari kesimpulan tersebut serta implikasinya di masa yang akan datang

4. Tahapan Penelitian
Menyusun rancangan penelitian
Rancangan penelitian terdiri dari langkah-langkah berikut
1) Menentukan masalah yang akan diteliti, adalah masalah yang dapat memotivasi seseorang untuk segera melaksanakan penelitian, selain itu juga harus cukup tersedia datanya di lapangan.
2) Studi pendahuluan, dilakukan untuk mencari informasi yang diperlukan oleh peneliti agar masalahnya menjadi jelas.
3) Merumuskan masalah, tindakan lebih lanjut setelah studi pendahuluan ke mana alur penelitian akan dimulai.
4) Merumuskan anggapan dasar, adalah sesuatu yang diyakini kebenarannya oleh peneliti yang berfungsi sebagai tempat berpijak dalam melaksanakan penelitian.
5) Memilih pendekatan, adalah metode atau cara yang akan dipakai dalam melaksanakan penelitian. Secara umum ada dua pendekatan dalam penelitian yaitu,
a) Pendekatan kuantitatif digunakan jika data yang hendak dikumpulkan adalah data kuantitatif (data berbentuk angka).
b) Pendekatan kualitatif digunakan jika data yang hendak dikumpulkan adalah data kualitatif (data yang disajikan dalam bentuk kata atau kalimat).
6) Menentukan jenis dan sumber data. Mencakup apa yang akan diteliti dan dari mana data diperoleh.

Pelaksanaan penelitian
Terdiri dari langkah-langkah berikut
1) Menentukan dan menyusun instrumen. Instrumen ini sangat tergantung pada jenis dan dari mana data diperoleh.
2) Mengumpulkan data.
3) Analisis data
4) Menarik kesimpulan. Langkah ini merupakan langkah terakhir dari kegiatan penelitian.

Penyusunan laporan penelitian
Dalam penulisan laporan penelitian ilmiah, struktur penulisannya secara umum adalah sebagai berikut.
1) Pendahuluan
Bagian ini berisi:
a. Latar belakang masalah
b. Identifikasi masalah
c. Pembatasan masalah
d. Perumusan masalah
e. Tujuan penelitian secara umum
f. Kegunaan penelitian

2) Penyusunan kerangka teoretis dan perumusan hipotesis
Bagian ini berisi:
a. Pengkajian teori yang digunakan
b. Pembahasan penelitian
c. Penyusunan kerangka berpikir
d. Perumusan hipotesis

3) Metodologi penelitian
Bagian ini berisi:
a. Tujuan penelitian secara operasional
b. Tempat dan waktu penelitian
c. Metode penelitian;
i. Penentuan unit analisa
ii. Subjek penelitian
iii. Teknik pengambilan sampel (contoh)
iv. Teknik pengumpulan data
v. Teknik analisis data
d. Pendekatan penelitian
e. Jenis penelitian

4) Hasil penelitian
Bagian ini berisi:
a. Variabel yang diteliti
b. Teknik analisis
c. Kesimpulan analisis data
d. Penafsiran kesimpulan analisis data
e. Kesimpulan pengujian hipotesis

5) Kesimpulan dan saran
Bagian ini berisi:
a. Deskripsi singkat mengenai masalah hipotesis dan hasil penelitian
b. Kesimpulan penelitian dari seluruh aspek tersebut
c. Pengajuan saran

6) Laporan penelitian dapat pula ditambahi dengan daftar pustaka dan lampiran-lampiran

5. Jenis-Jenis Penelitian
1) Penelitian berdasarkan tujuannya
a. Penelitian dasar (basic research), kegiatan utama penelitian ini adalah mengumpulkan informasi guna menyusun konsep dan hubungan, serta teori untuk menemukan prinsip-prinsip umum mengenai suatu topik yang nyata dalam masyarakat.
b. Penelitian terapan (applied research), berusaha menerapkan, menguji, dan mengevaluasi kemampuan suatu teori dalam memecahkan suatu persoalan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis lain dalam penelitian terapan, yaitu penelitian evaluasi yang dilakukan untuk menilai pelaksanaan suatu program.

2) Penelitian berdasarkan metodenya
a. Penelitian historik, fokus kajian penelitian ini adalah peristiwa yang telah terjadi di masa lampau.
b. Penelitian survei, berusaha memperoleh informasi dari berbagai kelompok atau orang dengan cara penyebaran atau kuesioner. Penelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah-masalah praktis dalam kehidupan sehari-hari.
c. Penelitian eksperimen, dengan merekayasa dan mengontrol situasi alamiah menjadi situasi buatan sesuai dengan tujuan penelitian.
d. Penelitian observasi, tujuan penelitian ini adalah memperoleh berbagai data konkret secara langsung di lapangan.

3) Penelitian berdasarkan taraf pemberian informasi
a. Penelitian eksploratif. Penelitian ini menggali suatu gejala yang masih baru. Penelitian ini bisa diidentikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan apa dan siapa. Tujuan penelitian ini adalah:
- Untuk mengembangkan gagasan dasar mengenai topik baru, dan
- Memberikan dasar bagi penelitian lanjutan

b. Penelitian deskriptif. Penelitian ini memberikan gambaran yang lebih detail tentang suatu gejala atau fenomena. Merupakan lanjutan dari penelitian eksploratif. Penelitian ini diidentikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan bagaimana. Tujuan penelitian ini adalah:
- Menggambarkan mekanisme sebuah proses, dan
- Menciptakan seperangkat kategori atau pola

c. Penelitian eksplanasi. Penelitian ini dilakukan untuk menemukan penjelasan tentang mengapa suatu kejadian atau gejala terjadi. Hasil akhirnya adalah berupa hubungan sebab akibat. Penelitian ini diidentikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan mengapa. Tujuan penelitian ini adalah:
- Menghubungkan pola-pola yang berbeda namun memiliki keterkaitan
- Menghasilkan pola hubungan sebab akibat

4) Penelitian berdasarkan data yang dikumpulkan
a. Penelitian kuantitatif, menekankan pada jumlah data yang dikumpulkan. Pendekatan penelitian ini menggunakan teknik survei.
b. Penelitian kualitatif, menekankan pada kualitas data atau kedalaman data yang diperoleh. Teknik berupa wawancara, dan tidak dianalisis dengan statistik.

5) Penelitian berdasarkan tempat pelaksanaannya
a. Penelitian laboratorium. Dilakukan di suatu tempat khusus untuk mengadakan studi ilmiah dan kerja ilmiah.
b. Penelitian lapangan. Dilakukan dalam kehidupan sebenarnya.
c. Penelitian perpustakaan (kepustakaan). Bertujuan mengumpulkan data dan informasi dengan bantuan berbagai materi yang terdapat di perpustakaan.

B. Rancangan Penelitian
Umumnya rancangan penelitian terdiri dari delapan bagian besar, yaitu latar belakang masalah, perumusan masalah, pertanyaan penelitian, tujuan dan manfaat penelitian, penelitian terdahulu, landasan teori, hipotesis, dan metodologi penelitian.

Penelitian Terdahulu
Dengan melacak penelitian terdahulu peneliti dapat menghindari duplikasi dan dapat memosisikan kedudukan penelitian yang tengah dilakukan. Hasil penelitian terdahulu juga dapat digunakan sebagai data pendukung.

Latar Belakang Masalah
Harus mengemukakan alasan dipilihnya suatu masalah atau topik yang akan dijadikan bahan penelitian. Mengapa masalah tersebut perlu diteliti apa yang melatarbelakanginya. Dikemukakan juga fakta-fakta sementara yang diperoleh peneliti dari pengamatan dan studi kepustakaan. Dalam menentukan suatu masalah hal yang perlu dipertimbangkan adalah sejauh mana urgensi dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari masyarakat. Pertanyaan yang perlu ada dalam benak peneliti ketika membuat latar belakang masalah, adalah kenapa masalah ini penting?.

Perumusan Masalah
Merupakan lanjutan dari latar belakang masalah, tetapi berbeda penekanannya. Pada permasalahan penelitian, pertanyaan yang ingin diangkat adalah Apa yang menjadi permasalahan dalam tema ini?.

Pertanyaan Penelitian
Pertanyaan penelitian berfungsi sebagai dasar penelitian yang akan dilakukan. Pertanyaan penelitian adalah hal-hal yang ingin dijawab melalui penelitian. Selain itu merupakan rambu-rambu sehingga penelitian dapat terfokus. Sebaiknya tidak lebih dari tiga pertanyaan.

Tujuan dan Manfaat Penelitian
Tujuan penelitian merupakan rumusan masalah dalam bentuk kalimat pernyataan. Tujuan penelitian sangat berkaitan dengan kesimpulan. Bila masalah penelitian merupakan hal yang dipertanyakan dan tujuan penelitian merupakan jawaban yang ingin dicari, maka kesimpulan merupakan jawaban yang diperoleh. Manfaat penelitian merupakan kegunaan nyata dari hasil yang akan dicapai melalui sebuah penelitian. Selain bersifat praktis, manfaat penelitian juga dapat bersifat teoretis.

Landasan Teori
Landasan teori merupakan telaah masalah penelitian berdasarkan teori-teori atau bacaan-bacaan. Landasan teori adalah landasan teoretis bagi penulis untuk menjawab masalah penelitian. Adakalanya pada bagian landasan teori dimasukkan pula definisi konsep dan definisi operasional agar pembaca lebih memahami alur penelitian. Definisi konsep adalah definisi dari variabel-variabel yang ingin diteliti. Definisi operasional merupakan penjabaran dari variabel-variabel yang ingin diteliti sehingga variabel tersebut dapat diukur.

Hipotesis
Hipotesis merupakan kemungkinan jawaban atas masalah penelitian. Disebut kemungkinan karena belum dibuktikan lewat penelitian di lapangan. Hipotesis dinyatakan dalam bentuk pernyataan yang menghubungkan variabel-variabel penelitian. Hipotesis dapat dibagi sebagai berikut.
1) Hipotesis nol (Ho), adalah dugaan awal sebelum dilakukan penelitian, biasanya berisi apa yang ingin dipatahkan atau ditolak dengan melakukan penelitian.
2) Hipotesis kerja (Ha), adalah dugaan yang ingin dibuktikan oleh peneliti. Hipotesis kerja menyatakan adanya hubungan antara variabel x dan y.

Ciri-ciri sebuah hipotesis yang baik adalah sebagai berikut.
1) Bisa diterima dengan akal sehat
2) Menyatakan hubungan antarvariabel penelitian
3) Dapat diuji
4) Dinyatakan secara singkat dan dalam bentuk kalimat pernyataan
5) Konsisten dengan teori dan fakta yang telah dibangun

Metode Penelitian
Dalam bagian metode paling tidak terdapat empat bagian inti, yakni jenis penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisa data, dan unit analisis.

Jenis Penelitian
Jenis penelitian pada intinya merupakan bentuk penelitian yang ingin dilaksanakan oleh peneliti.

Teknik Pengumpulan Data
Secara umum, data terbagi atas
1) Data primer adalah data yang diperoleh langsung dari lapangan penelitian.
2) Data sekunder adalah data yang tidak diperoleh secara langsung dari lapangan.

Dalam penelitian sosial, teknik pengumpulan data yang biasa digunakan adalah kuesioner atau angket, wawancara, observasi, dan studi literatur. Teknik yang digunakan tergantung pada rumusan masalah, tujuan penelitian, hipotesis, dan sampel yang digunakan. Teknik-teknik pengumpulan data tersebut memiliki alat atau instrumen pengumpulan data masing-masing.

Teknik Analisa Data
Merupakan cara mengolah data yang telah diperoleh dari lapangan. Teknik analisa data harus disesuaikan dengan jenis pendekatan penelitian. Teknik analisa data dibagi atas dua macam teknik, yakni kuantitatif dan kualitatif. Teknik kuantitatif menggunakan rumus-rumus statistik dalam mengolah data. Teknik kualitatif menggunakan analisis fenomena yang terjadi di lapangan dikaitkan dengan teori yang ada.

Unit Analisis
Merupakan satuan atau objek yang diteliti. 


Ket. klik warna biru untuk link

Berikutnya. C. Menentukan Topik atau Masalah Sosial sebagai Fokus Penelitian

Download


Lihat Juga
1. Materi Sosiologi tentang Rancangan Penelitian Sosial bag. 1 Kelas X IPS [With Voice] Youtube Channel. https://youtu.be/zx7JHrXae6Y

2. Video Rancangan Penelitian Sosial (Revisi) (Youtube Chanel. https://youtu.be/yj44lKyJZWo ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...
3. Video Rancangan Penelitian Sosial (Youtube Chanel. https://youtu.be/1OMl_y0n7ys ) Jangan lupa like, komen, dan subscribe yah...

Sumber
Maryati, Kun dan Juju Suryawati. 2016. Sosiologi; Kelompok Peminatan Ilmu Pengetahuan Sosial; untuk SMA/MA Kelas X. Esis Erlangga. Jakarta


Soal-Soal
1. Soal Pilihan Ganda
2. Soal Esai
3. Soal Pilihan Ganda. Evaluasi Semester 2
4. Soal Esai. Evaluasi Semester 2
5. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda
6. Soal Uji Kompetensi Uraian
7. Soal Uji Kompetensi Pilihan Ganda Evaluasi Semester Genap
8. Soal Uji Kompetensi Uraian Evaluasi Semester Genap

Soal-Soal Lain
1. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Prosedur atau Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
2. Soal-soal Standar Ujian Nasional. Jenis dan Tipe Penelitian Sosial Klik di Sini
3. Soal-soal Simulasi Ujian Nasional Sosiologi Kategori C4 dan C5 (HOTS). Materi Rancangan Penelitian Sosial Klik di Sini
4. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Langkah-Langkah Penelitian Sosial Klik di Sini
5. Soal-Soal Sosiologi Kelas XII. Kompetensi Jenis Penelitian Sosial Klik di Sini
6. Soal-Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Sosiologi Materi Kelas XII Bab 3. Rancangan Penelitian Sosial Kliuk di Sini
7. Soal Ujian Nasional Sosiologi 2012-2017 Kompetensi Rancangan Penelitian Sosial Klik di Sini 

Media
1. Power Point
2. PPT Kelas X Sosiologi BAB 4 Rancangan Penelitian Sosial (K-2013)
3. Video Penunjang
4. Materi Pengayaan Sosiologi. Penelitian Sosial 

Perangkat Pembelajaran 
1. Perangkat Pembelajaran Buku Kerja I
2. Perangkat Pembelajaran Buku Kerja II
3. Alokasi Waktu Kelas X Semester Genap
4. Program Tahunan Kelas X Semester Genap
5. Program Semester Kelas X Semester Genap
6. Silabus Kelas X Semester Genap
7. Rekapitulasi Metode Kelas X Semester Genap
8. Penentuan KKM Kelas X Semester Genap
9. Jurnal Agenda Guru Kelas X Semester Genap
10. RPP-1 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
11. RPP-2 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
12. RPP-3 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
13. RPP-4 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
14. RPP-5 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
15. RPP-6 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
16. RPP-7 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
17. RPP-8 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
18. RPP-9 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
19. RPP-10 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
20. RPP-11 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
21. RPP-12 Kelas X Semester Genap (Satu Lembar)
22. RPP Ke-1 Kelas X Semester Genap (Format Lama)
23. RPP Ke-2 Kelas X Semester Genap (Format Lama)
 

Kamus
1. Kamus Sosiologi
2. Glosarium Sosiologi. Materi Kelas XII
3. Kamus Istilah Sosiologi. Materi Rancangan Penelitian Sosial 
4. Glosarium Materi Sosiologi Kelas X (Kurikulum Revisi 2016)

Teori-Teori Sosiologi Relevan Materi
1. Biografi dan Autobiografi Tokoh-Tokoh Sosiologi
2. Konstruksi Teoretis Teori-Teori Sosiologi
3. Polemik Internal Teori-Teori Sosiologi
4. Teori-Teori Sosiologi dari Klasik, Kontemporer, dan Postmodern

Teori-Teori Filsafat Relevan Materi
1. Biografi Filsuf
2. Aliran-Aliran Filsafat
3. Teori-Teori Filsafat dari Yunani, Modern, dan Postmodern
4. Teori-Teori Cultural Studies

Artikel Terkait Lainnya
1. Artikel Sosiologi Terkait Materi
2. Pengetahuan Umum Terkait Materi

Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Materi Sosiologi Kelas X Bab 4.1 Rancangan Penelitian Sosial (Kurikulum Revisi 2016)"