Ruang Lingkup Psikologi. Psikofarmakologi

Ruang Lingkup Psikologi Psikofarmakologi
Psikofarmakologi
Merupakan pengetahuan tentang obat untuk mengobati gangguan psikiatris. Pada zaman dahulu, khususnya sejak tahun 1950, seorang psikiater hanya memiliki sedikit obat stimulan dan obat penenang nonspesifik untuk mengobati kecemasan dan depresi. Bahkan, terapi Elektroconvulsive (ECT) dianggap efektif bagi pasien depresi, tetapi kurang bagus bagi pasien Skizoprenia kronis. Jadi, belum ada perawatan yang efektif untuk ribuan, bahkan mungkin jutaan pasien pada rumah sakit jiwa di seluruh dunia saat itu. Namun, dalam perkembangan selanjutnya, khususnya pada tahun 1955, terjadi tiga penemuan farmakologi yang menandai revolusi pengobatan psikiatri, yakni obat antipsikotik, antridepresan, dan lithium (Pope, 2000: 866).

Obat antipsikotik berfungsi sebagai penetralan khayalan atau kepercayaan kepada hal-hal yang tidak nyata dan halusinasi (perasaan melihat, mendengar suara, dan sejenisnya), yang merupakan gejala umum dalam skizoprenia dan penyakit kegilaan depresif. Biasanya, obat ini memiliki efek yang luar biasa untuk memberikan penenang kembali ke dunia normal dalam kehidupan sehari-hari dari gangguan-gangguan psikotik. Namun, obat ini pun memiliki efek samping yang cukup mengganggu, seperti sedasi otot kaku, lesu, dan melemahkan fungsi fisik dan mental.

Obat antidepresan berfungsi meringankan pasien yang mengalami depresi mayor atau fase tertekan dari penyakit depresi kejiwaan. Biasanya, pasien sangat sulit tidur ataupun makan, tidak dapat mengerjakan tugas-tugas, dan selalu berpikir untuk bunuh diri. Di sinilah obat antidepresan berfungsi untuk penyakit-penyakit seperti itu.

Lithium merupakan obat yang unik di antara obat-obat psikiatri lainnya, terdiri atas sebuah ion sederhana dan bukan molekul kompleks (Pope, 2000: 867). Fungsinya untuk menetralkan tahap kegilaan dari depresi berat dan dalam jangka lama, namun kurang efektif bagi depresi akut, dan menghindarkan pasien dari kambuhnya kegilaan dan depresi.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sosial (Social Psychology)
2. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Klinis dan Psikologi Penyuluhan (Clinical Psychology and Conselling)
3. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konstitusional (Constitutional Psychology)
4. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Okupasional (Accupational Psychology) 
5. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Politik (Political Psychology)
6. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sekolah dan Pendidikan (Psychology for the Classroom and Educational Psychology)
7. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Perkembangan
8. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Kepribadian (Psychology of Personality)
9. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lintas Budaya (Cross-Cultural Psychology)
10. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Rekayasa (Engineering Psychology)
11. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lingkungan
12. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konsumen
13. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Industri dan Organisasi (Industrial and Organizational Psychology)
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Ruang Lingkup Psikologi. Psikofarmakologi"