Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konsumen (Consumen Psychology)

Ruang Lingkup Psikologi Psikologi Konsumen
Psikologi Konsumen
Membahas tingkah laku individu sebagai konsumen. Bidang psikologi ini mulai dengan psikologi periklanan dan penjualan, objeknya adalah komunikasi yang efektif, baik dari pihak pabrik maupun distributor kepada konsumen (Anastasi, 1989: 389). Terutama melalui iklan, konsumen memperoleh informasi tentang produk atau jasa yang dapat diperoleh manfaat khusus dari produk dan jasa tersebut. Kita tahu bahwa periklanan sendiri usianya begitu tua, hampir seusia dengan upaya manusia untuk membuat dokumentasi berbagai aktivitasnya (Presbey, 1929). Sedangkan untuk psikologi periklanan mulai dilancarkan selama dua dasawarsa yang pertama dari abad ke-20 dengan studi laboratorium di berbagai lokasi.

Kemudian, dalam perkembangannya psikologi konsumen mulai berkembang pesat sejak tahun 1960-an. Engel (1973: 622) mengemukakan bahwa antara tahun 1968 dan 1972 terdapat lebih banyak penelitian psikologi konsumen yang dipublikasikan daripada sebelumnya. Dalam Annual Review of Psychology, Jacob memperkirakan bahwa 7000-10000 surat kabar yang memiliki relevansi langsung telah diterbitkan sejak tahun 1967. Kemudian dalam perkembangan psikologi konsumen yang paling mencolok adalah peralihan pusat perhatian dari konsumen sebagai pembeli ke konsumen sebagai konsumen (Jacoby 1976; Perlopff, 1968). Peralihan tersebut menurut Anastasi (1989: 390) dinyatakan paling sedikit ada empat cara yang berbeda, yakni meliputi:
a. Pusat perhatian diperluas melampaui kegiatan pembelian. Karena itu, tingkah laku konsumen dirumuskan lebih luas mencakup perolehan, penggunaan, disposisi produk, jasa, waktu, dan gagasan.

b. Meningkatnya kecenderungan untuk mendekati masalah dari sudut pandang konsumen.

c. Dalam psikologi konsumen adalah timbulnya pengakuan terhadap konsumen sebagai organisme hidup yang tingkah lakunya berhak memperoleh perhatian ilmiah.

d. Ciri dari karya psikologi konsumen adalah makin meningkatnya perhatian pada masalah-masalah sosial.


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Supardan, Dadang. 2008. Pengantar Ilmu Sosial; Sebuah Kajian Pendekatan Struktural. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sosial (Social Psychology)
2. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Klinis dan Psikologi Penyuluhan (Clinical Psychology and Conselling)
3. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konstitusional (Constitutional Psychology)
4. Ruang Lingkup Psikologi. Psikofarmakologi
5. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Okupasional (Accupational Psychology)
6. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Politik (Political Psychology)
7. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Sekolah dan Pendidikan (Psychology for the Classroom and Educational Psychology)
8. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Perkembangan
9. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Kepribadian (Psychology of Personality)
10. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lintas Budaya (Cross-Cultural Psychology)
11. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Rekayasa (Engineering Psychology)
12. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Lingkungan
13. Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Industri dan Organisasi (Industrial and Organizational Psychology)    
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Ruang Lingkup Psikologi. Psikologi Konsumen (Consumen Psychology)"