Teori Sosial (Teori Belajar Observasional)

Albert Bandura berpendapat bahwa peserta didik belajar melalui pengamatan atau berdasarkan apa yang mereka saksikan. Bandura menentang teori tahapan (Piaget dan Kohlberg) dan teori bawaan (Alport) yang menganggap bahwa perilaku manusia bersifat stabil. Menurut Bandura, perilaku manusia tidak seluruhnya konsisten dan dipengaruhi oleh lingkungan. Teori ini menyatakan bahwa belajar dipengaruhi oleh faktor personal, tingkah laku, dan lingkungan yang saling berinteraksi. Misalnya: guru memberikan umpan balik (lingkungan), yang menyebabkan peserta didik membuat harapan yang lebih tinggi (faktor personal) dan tujuan ini memotivasi peserta didik untuk lebih giat belajar (perilaku).
Teori Sosial Teori Belajar Observasional
Proses pembelajaran Bandura
Proses pembelajaran menurut Bandura dilakukan melalui observasi atau imitasi (model) yang mencakup empat unsur utama, yaitu: perhatian, ingatan, pembentukan perilaku atau reproduksi, dan penguatan. Implikasi prinsip ini dalam pembelajaran adalah sebagai berikut.
a. Penyampaian harus interaktif dan menarik
b. Demonstrasi yang dilakukan oleh guru hendaknya jelas, menarik, mudah, dan tepat
c. Contoh yang ditampilkan hendaknya mempunyai mutu yang tinggi


Ket. klik warna biru untuk link


Sumber
Sani, Ridwan Abdullah. 2015. Inovasi Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta


Download

Baca Juga
1. Albert Bandura. Biografi
2. Jean Piaget. Biografi
3.  Gordon Allport. Biografi
Aletheia Rabbani
Aletheia Rabbani “Barang siapa yang tidak mampu menahan lelahnya belajar, maka ia harus mampu menahan perihnya kebodohan” _ Imam As-Syafi’i

Post a Comment for "Teori Sosial (Teori Belajar Observasional)"